Sabtu, 18 Mei 2024

Dua Desa di Lumajang Diterjang Angin Puting Beliung

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rumah warga yang rusak setelah diterjang puting-beliung. Foto : Sentral FM.

Angin puting beliung menyapu Desa Curah Petung dan Desa Kedungjajang di wilayah Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Senin (21/11/2016).

Di Desa Curah Petung, angin puting-beliung menerjang Dusun Krajan RT-03/RW-01 dan di Desa Kedungjajang menyapu Dusun Darungan Kidul RT-07/RW-01

Agus Budianto Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM mengatakan, peristiwa bencana ini terjadi pukul 15.30 WIB. “Kejadian terjadi pada siang hari saat turun hujan deras disertai angin kencang. Angin puting beliung menerjang hanya beberapa menit saja,” katanya.

Akibatnya, tujuh rumah warga dan sebuah Koperasi Pondok Pesantren (Ponpes) Asalamuddin yang terletak di Dusun Krajan, Desa Curah Petung mengalami kerusakan. Genteng rumah berterbangan karena tidak kuat menahan kuatnya terjangan angin.

Rumah warga lainnya yang rusak, yaitu empat rumah di Desa Curah Petung masing-masing rumah merangkap bengkel milik Sali, rumah Buamin, Arifin dan rumah merangkap toko milik Linda. Selain itu masih ada dua rumah lainnya di Desa Kedungjajang yang rusak, yakni milik Sulistiyowati dan Midrai.

Setelah mendapatkan laporan, BPBD menerjunkan sembilan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana ke lokasi untuk melakukan penanganan sekaligus assesment. Dipastikan tidak ada korban dalam kejadian ini.

Di lokasi, personel TRC Penanggulangan Bencana bersama unsur TNI/Polri membantu warga untuk melakukan kerja bhakti memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Agus Budianto mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai bencana angin puting beliung susulan. Laporan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih ada potensi hujan sedang disertai kilat atau petir dan angin kencang sesaat sampai pukul 20.40 WIB. Terutama di wilayah selatan Lumajang.

“Imbauan kami, warga agar tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan,” katanya. (her/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
26o
Kurs