Selasa, 11 Juni 2024

Dua Lembaga AS Pantau Kampung Narkoba

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dua pemantau dari Amerika Serikat bersama BNN Surabaya dan BNN pusat melakukan pemantauan kampung narkoba. Foto: Istimewa

Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Surabaya bersama BNN pusat mendampingi Greg Wiegan dari Bureau of Internasional Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL) bersama Irina dari Community Anti Drug Coalitions of America (CADCA) mengunjungi Dolly dan Pandegiling.

Kampung Dolly adalah wilayah bekas lokalisasi yang berada dikawasan Kecamatan Sawahan, dan kampung Pandegiling adalah kampung di kecamatan Tegalsari.

“Kedua kampung yang didatangi kedua tamu kami dari Amerika Serikat ini, sehubungan dengan sinyalemen banyaknya pengguna narkoba dikedua kampung diwilayah kota Surabaya tersebut,” terang AKBP Suparti kepala BNN Kota Surabaya.

Menurut Suparti, penanggulangan penyebaran peredaran narkoba di kota Pahlawan diperlukan kerjasama semua pihak tidak hanya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya saja. Tetapi juga bisa mendapat dukungan dari pihak luar. Seperti kedua lembaga dari Amerika itu.

“Pemkot Surabaya memberikan dukungan penuh kepad akami dalam rangka pemberantasan narkoba. Namun demikian kami juga membutuhkan bantuan dari masyarakat seperti yang dilakukan kedua tamu kami tersebut. Agar peredaran narkoba dapat diberantas,” tambah Suparti.

Sementara itu ditambahkan Sinta Dame Simanjutak Direktur Peran Serta Masyarakat BNN Pusat, bahwa kedatangan kedua lembaga asal Amerika Serikat itu memang untuk memberantas peredaran narkoba.

Selain itu, tambah Dame kedatangan mereka juga untuk memberdayakan masyarakat disekitar kampung yang disinyalir menjadi tempat peredaran narkoba.

“Kedepan nanti akan ada pelatihan. Namun demikian kami masih harus menemukan cara efektif terkait dengan bentuk pelatihan dan siapa saja yang kami libatkan dalam pelatihan itu. Kami BNN Pusat dan BNN Kota Surabaya masih terus melakukan konsolidasi bersam adua lembaga dari Amerika Serikat itu,” kata Dame kepada wartawan.

Ditemui ditempat berbeda M. Yunus Camat Sawahan menambahkan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan BNN dan pemerintah Amerika Serikat, dalam rangka memberantas peredaran narkoba.

“Kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk langkah-langkah positif yang dilakukan di Kecamatan Sawahan ini. Tentunya ini sangat bagus,” tegas Yunus, Rabu (30/11/2016).(tok/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 11 Juni 2024
27o
Kurs