Senin, 29 April 2024

Dua Pakar Satwa Internasional Kaji Perawatan Satwa di KBS

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Dua pakar satwa Internasional mengunjungi KBS, Senin (18/1/2016). Foto Abidin suarasurabaya.net

Dua pakar satwa Internasional mendatangi Kebun Binatang Surabaya (KBS), Senin (18/1/2016). Dua pakar satwa ini adalah Dave Morgan Executive Director Wild Welfare Afrika Selatan dan Fareea Ma Direktur Manajer Animal Projects & Environmental Education (APE) Malaysia.

Aschta Boestani Tajudin Plt Direktur KBS mengatakan, kunjungan dua pakar satwa dan lingkungan tersebut merupakan program rutinitas yang selama ini dijalani oleh semua kebun binatang di dunia.

“Ini bukan program spesial untuk Surabaya Zoo. Di kebun binatang international biasa terjadi pertukaran pengetahuan keeper masing-masing berdasarkan jenis satwanya,” ujarnya disela menemani kunjungan dua pakar satwa di kandang Beruang Madu.

Program ini, kata Aschta, juga menyangkut pertukaran pengetahuan tentang bagaimana merawat satwa dengan baik sesuai jenisnya. Aschta mencontohkan, salah satu kebun binatang di Inggris juga memiliki dragon komodo maka bisa bertukar ide dengan keeper KBS bagaimana cara merawatnya.

“Untuk pengetahuan keeper ini, saya sudah mengirimkan keeper ke Amerika dan Australia. Sebaliknya, mereke juga mengirimkan keeper untuk belajar ke kita,” katanya.

Menurut Aschta, saat ini KBS tengah melakukan pengembangan kerjasama perawatan untuk beberapa binatang di antaranya Jurik Bali, Babi Rusa, Orangutan dan Komodo.

Sementara itu, Fareea Ma Direktur Manajer Animal Projects & Environmental Education (APE) Malaysia mengatakan, KBS perlu banyak belajar dalam merawat binatang. Maka dari itu pengembangan skill para keeper harus terus dikembangkan.

Dari kunjungan selama dua hari, Freea mencatat ada beberapa satwa di KBS yang mengalami obesitas atau kegemukan di antaranya orang utan dan bruang madu. “Dari kerjasama ini, keeper bisa terlatih untuk merawat satwa dengan baik terutama juga masalah kandang yang harus sehat,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs