Sabtu, 4 Mei 2024

Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Ini Catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan, banyak pencapaian positif selama dua tahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Khusus sektor Kelautan dan Perikanan, Susi mengatakan Produk Domestik Bruto (PDB) Perikanan naik sangat tinggi, hampir dua kali lipat dari PDB Nasional. Begitu juga dengan nilai tukar nelayan dan produksi perikanan.

“Produksi perikanan nasional pada triwulan II tahun 2016 mencapai 5,99 juta ton. Produksi tersebut merupakan kontribusi dari produksi perikanan tangkap senilai 1,68 juta ton dan produksi perikanan budidaya sebanyak 4,32 juta ton,” ujarnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016).

Kalau dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015, produksi perikanan Indonesia triwulan II tahun 2016 mengalami peningkatan hingga sebesar 3,89 persen.

Peningkatan produksi perikanan secara nasional itulah yang menurut Susi jadi pemicu pertumbuhan ekonomi perikanan triwulan II 2016 sebesar 6,06 persen.

Tapi, Susi juga menyadari ada hal lain yang perlu diperbaiki di sektor Kelautan dan Perikanan.

“Kami masih perlu memperbaiki penataan, pemerataan, pengolahan, rantai dingin, dan pemasaran, supaya hasil tangkap nelayan di Jawa maupun timur Indonesia bisa mendapat harga yang sama, dan kesejahteraannya lebih baik,” paparnya.

Menurut Susi, perbaikan yang perlu dilakukan antardepartemen adalah sinkronisasi transportasi, energi, revitalisasi penangkapan ikan, budaya, dan sebagainya.

“Secara umum, perikanan menorehkan prestasi yang luar biasa dari awal pemerintahan Pak Jokowi-JK. PDB Nasional naik dari 6 persen jadi 8,36 persen tahun ini. Nilai tukar nelayan juga naik dari 102 sekarang 110,” tegasnya.

Seperti diketahui, hari ini tepat dua tahun duet Jokowi-JK dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Pertumbuhan ekonomi dan investasi, serta pesatnya pembangunan infrastruktur, adalah beberapa hal yang sering disebut sebagai keberhasilan duet Jokowi-JK. (rid/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs