Senin, 6 Mei 2024

Forum Pendidikan Jawa Timur Ruang Alternatif Bahas Persoalan Pendidikan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Fenomena munculnya persoalan-persoalan pendidikan memamg tidak hanya terjadi di Surabaya atau Jawa Timur saja. Hampir merata di seluruh Indonesia. Dan terbentuknya Forum Pendidikan Jawa Timur diharapkan menjadi ruang diskusi alternatif mencari solusi-solusi terkait persoalan pendidikan.

Isa Anshori satu diantara inisiator terbentuknya forum tersebut menegaskan bahwa keberadaan forum yang membahas persoalan-persoalan pendidikan tersebut dapat diakses segenap masyarakat.

“Ruang-ruang diskusi itu sebenarnya sudah ada. Tetapi masih terpisah-pisah. Sifatnya masih sporadis. Dan dengan dideklarasikannya forum ini, semoga persoalan-persoalan pendidikan dapat ditemukan solusi-solusi terbaik,” ujar Isa Anshori.

Saat ini, kata Isa, persoalan pendidikan memang terjadi dihampir seluruh lini. Mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Mulai persoalan dana pendidikan hingga ditutupnya lembaga pendidikan lantaran tidak lengkapnya perizinan.

Solusi persoalan-persoalan tersebut, lanjut Isa seringkali hanya bisa diadaptasi atau diterapkan pada kondisi dan sistuasi pendidikan yang sama. “Beda tempat pelaksanaan pendidikan, maka dibutuhkan solusi yang berbeda juga,” tambah Isa.

Oleh karena itu, pada forum yang juga diinisiasi oleh sederet nama pemerhati pendidikan ditingkat lokal maupun nasional tersebut, secara rutin akan digelar diskusi atau sharing-sharing tentang pendidikan yang baik dan bermutu untuk masyarakat.

Dari diskusi atau sharing-sharing tersebut nantinya Forum Pendidikan Jawa Timur akan menyampaikan kepada lembaga pemerintah ditingkat dinas hingga kementerian. “Kalau memang dari hasil diskusi tersebut ditujukan kepada kementerian pendidikan, maka kami akan menyampaikannya,” kata Isa pada suarasurabaya.net, Jumat (2/9/2016).

Forum Pendidikan Jawa Timur, dideklarasikan di Surabaya dan dalam waktu dekat akan meluncurkan buku yang berisi tentang bagaimana pendidikan baik dari beberapa kacamata para pemerhati pendidikan.(tok/rs)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs