Senin, 29 April 2024

Gempa 6,6 SR di Barat Sumbawa Terasa Hingga Bali

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi

Gempa dengan kekuatan 6,6 SR mengguncang masyarakat di NTT, NTB dan Bali. BMKG melaporkan gempa Mag 6,6 SR, telah terjadi pada 30 Desember 2016 pukul 05:30:19 WIB. Hipocenter pada koordinat 9.37 LS,118.63 BT (59 km Barat Laut Sumbawa Barat Daya Provinsi NTT dengan kedalaman 91 km.

Demikian disampaikan Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam pesan singkatnya, Jumat (30/12/2016).

“Gempa tidak berpotensi tsunami. Sumber gempa berasal dari subduksi pertemuan lempang Hindia Australia dan Eurasia,” kata dia.

Sutopo menjelaskan, posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa. Gempa dirasakan sedang hingga kuat di Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat, Praya, Lombok, Kota Mataram hingga Bali.

“Intensitas dan lama gempa dirasakan antara lain cukup kuat di Sumba Barat Daya, Sumba Barat, sekitar 5 detik, belum ada laporan dampak, Sumbawa Barat dirasakan sekitar 3 detik, Mataram (5 detik), Kabupaten Dompu (5 detik),dan dirasakan sedang di sebagian besar wilayah Bali selama sekitar 5 detik. Masyarakat ke luar rumah. Sedang di wilayah NTT dan NTB masyarakat sempat panik,” kata Sutopo.

Menurut dia, aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pasca banjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras dan berhamburan ke luar bangunan dan rumah. Pasien juga dikeluarkan dari bangunan.

Berdasarkan analisis BMKG dari peta gempa dirasakan di Kuta Bali II SIG-BMKG (3 MMI), Gianyar II SIG-BMKG (3 MMI), Mataram II SIG-BMKG (3 MMI). Artinya intensitasnya ringan hingga sedang. Dengan kondisi seperti ini bangunan masih kuat menahan gempa. Jikapun ada kerusakan tidak rusak berat. Umumnya bangunan akan roboh dan rusak berat jika merasakan gempa dengan intensitas gempa dirasakan V-VII MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih terus melakukan pemantauan. Info mutakhir akan disampaikan segera jika ada laporan dari lapangan.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada. Respon terbaik saat merasakan gempa adalah keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumpul di tempat yang aman.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs