Jumat, 3 Mei 2024
Gerakan Antar Anak di hari Pertama Sekolah

Gerakan Baik untuk Mendekatkan Orang Tua dengan Pihak Sekolah

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Widya salah seorang walimurid (berbaju PNS) yang mengantarkan anaknya sampai di kelas di TK Alhidayah Kebonsari Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Profesor Muchlas Samani mengatakan, gerakan mengantar anak sekolah merupakan gerakan baik untuk mendekatkan keluarga dengan pihak sekolah.

“Merintis peran orang tua dan sekolah untuk perkembangan anak. Ketika anak mulai sekolah maka saatnya berbagi peran dan bersinegi antara rumah dan sekolah,” katanya saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Senin (18/7/2016).

Muchlas mengatakan, segala kebiasaan yang diajarkan kepada anak bisa dikoordinasikan antara orang tua dan pihak sekolah.

“Misalnya, soal cuci tangan dan berdoa sebelum makan, harus sama antara prinsip sekolah dengan rumah. Termasuk kalau jam 7 malam TV harus dimatikan dan belajar. Jadi harus sama prinsip antara sekolah dan rumah,” kata Muchlas.

Menurut mantan rektor Unesa ini, timbulnya ada saling menyalahkan antara orang tua dan pihak sekolah karena kurangnya berkomunikasi.

“Masalah anak telat diketahui, makanya saling menyalahkan,” katanya.

Dampak psikologis gerakan ini, kata Muchlas, anak bisa menjadi lebih tenang dan bahagia karena diantar. Sementara bagi orang tua, dia bisa lebih kenal dengan para guru yang selama ini mengajar anaknya. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs