Jumat, 26 April 2024

Gereja Katedral Jakarta Siap Menggelar Misa Natal 2016

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pintu masuk sisi barat Gereja Katedral Jakarta masih ditutup pihak panitia, beberapa jam jelang Misa Natal, Sabtu (24/12/2016) siang. Foto: Farid suarasurabaya.net

Beberapa jam menjelang pelaksanaan Misa Natal, Gereja Katedral Jakarta sudah melakukan berbagai persiapan.

Serangkaian tenda besar sudah berdiri kokoh di pelataran gereja. Sekitar tiga ribu bangku untuk jemaat yang akan mengikuti misa juga sudah tersusun rapi.

Di dua sisi gedung utama Katedral, dipasangi dua buah layar seukuran 2×1,5 meter, dan ada dua televisi, lengkap dengan perangkat pengeras suara.

Hampir di setiap sudut gereja ini dihias dengan berbagai pernak-pernik Natal yang kebanyakan berbahan kertas warna-warni.

Sedangkan ruang utama Katedral sekarang masih disterilisasi. Jadi, tidak ada yang bisa masuk selain panitia dan pihak keamananan.

Sementara itu, aparat keamanan dari Polri dan TNI terpantau sudah melakukan penjagaan. Setiap pengunjung termasuk pewarta yang mau masuk, diperiksa dan harus melewati metal detector.

“Panitia dan pihak keamanan sepakat cuma membuka satu pintu masuk yang ada di sebelah barat, persis di seberang Masjid Istiqlal. Sedangkan untuk keluar disediakan tiga pintu,” kata Bernard Hidayat, Humas Panitia Natal Gereja Katedral 2016, Sabtu (24/12/2016), di Jakarta.

Hari ini, akan digelar tiga kali misa yang dimulai pukul 17.00, lalu pukul 19.30 dan pukul 21.00 WIB.

Sedangkan Minggu (25/12/2016) besok, akan ada 5 kali misa yang dimulai pukul 06.00, 07.30, 09.00, pukul 11.00 untuk keluarga khususnya anak-anak, dan misa terakhir pukul 16.00 WIB.

“Gereja ini bisa menampung sekitar 5 ribu jemaat dalam sekali misa. Jadi, untuk menghindari overload, pintu masuk akan ditutup 15 menit setelah misa dimulai, atau bisa juga langsung ditutup kalau memang sudah penuh,” ujarnya.

Khusus soal keamanan, pihak gereja mempercayakan penuh kepada Polisi, TNI dan unsur pengamanan dari masyarakat.

Sejauh ini, kata Bernard, tidak ada ancaman teror yang diarahkan kepada Gereja Katedral. Dia percaya perayaan Natal tahun ini akan berlangsung penuh khidmad, aman dan damai. (rid/bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs