Sabtu, 18 Mei 2024

Gus Ipul dan Trio Bimbo Beri Tausiyah di Sholat Jumat Masjid Al Akbar

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Gus Ipul (kiri) bersama Trio Bimbo ketika memberikan tausiyah singkat di hadapan jamaah Sholat Jumat di Masjid Al Akbar, Surabaya (20/5/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Ibadah Sholat Jumat (20/5/2016) di Masjid Al Akbar Surabaya terasa berbeda. Meski ibadah Sholat Jumat mulai dari kutbah, sholat dan dzikir sudah dilakukan, namun ratusan jamaah ternyata tak juga beranjak dari tempat duduknya.

Mereka ternyata menunggu tausiyah yang pada jumat ini khusus diberikan oleh trio personel Bimbo yaitu Sam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo.

Kehadiran Trio Bimbo siang tadi terasa istimewa karena mereka diantarkan langsung oleh Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Jadi para jamaah, saat ini saya sengaja mengantarkan Bimbo di hadapan para jamaah semua,” kata Gus Ipul yang berdiri di depan para jamaah sesaat setelah Imam Sholat Jumat selesai membaca doa.

Setelah diperkenalkan satu-persatu, trio Bimbo kemudian secara bergantian menceritakan perjalanan spiritual mereka serta menyanyikan beberapa penggalan lagu ciptaan mereka.

“Saat ini menjelang bulan puasa, sudah sepantasnya kita segera memperbaiki diri untuk menyambut datangnya Ramadhan,” kata Sam Bimbo.

Kebersihan hati, kata Sam Bimbo harus segera dilakukan. Dia mencontohkan adanya seorang polisi di Malang yang terpaksa memulung demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Polisi ini patut dicontoh karena dia tidak mau menerima uang suap. Dia memilih mencari yang halal meskipun harus memulung,” kata Sam Bimbo.

Sementara itu Gus Ipul sendiri mengatakan, dirinya sengaja mendatangkan Trio Bimbo untuk mengajaknya mengikuti konser bersama dalam rangka menyambut Ramadhan 1437 hijriyah.

Konser Ramadhan dengan Bimbo, akan digelar di Jatim Expo International pada Sabtu (21/5/2016) sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

“Puasa itu bulan andalan umat Islam, ini istimewa dan tentu harus dimanfaatkan dengan baik,” kata dia. Karenanya, kehadiran Bimbo kali ini sekaligus untuk mengajak umat Islam bisa merasakan momen menjelang kedatangan bulan puasa.

Bimbo dengan lagu-lagu religinya, kata Gus Ipul, merupakan sebuah inspirasi dan bisa dijadikan bahan perenungan diri. Apalagi, lagu-lagu religi Bimbo dinilai syarat akan makna kehidupan.

“Seperti Bimbo menyanyikan tentang anak yatim, itukan mengingatkan kepada kita bahwa berbuat baik kepada anak yatim itu hadiahnya langsung surga dan akan berjalan dengan rosul di surga. Ini berbeda dengan haji misalnya, hadiahnya cuma surga tapi belum tentu bisa berjalan dengan Rosul di Surga,” kata Gus Ipul.

Lagu-lagu Bimbo, menurut Gus Ipul, kaya akan makna, bahwa ibadah yang utama itu adalah ibadah yang di dalamnya berkaitan dengan kesalehan sosial, bukan semata ibadah untuk kepentingan pribadi. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs