Rabu, 8 Mei 2024

Hari Ini Jakarta Uji Coba Sistem Ganjil Genap

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi.

Sistem mobil plat ganjil-genap mulai diuji coba di DKI Jakarta hari ini, Rabu (27/7/2016). Warga diimbau untuk menggunakan angkutan umum guna mengurangi kemacetan.

Andri Yansyah Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, menjelaskan kebijakan sistem ganjil genap ini prinsipnya untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pembatasan kendaraan sistem ganjil-genap ini diberlakukan sesuai kalender dan plat nomor. Contoh, untuk kendaraan yang satu angka terakhirnya bernomor ganjil hanya boleh melintas pada tanggal ganjil.

Uji coba dilakukan mulai hari ini hingga 26 Agustus 2016 setiap pukul 07.00-10.00 dan 16.00-20.00 WIB. Uji coba dilakukan di jalan bekas kawasan 3 in 1 yaitu Jalan Sisingamangaraja, Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Medan Merdeka Barat dan sebagian Jalan Gatot Subroto.

Kebijakan ini merupakan upaya untuk mendorong masyarakat agar meninggalkan kendaraan pribadi serta beralih ke angkutan umum.

Namun kendaraan lain boleh melintas di luar kawasan ganjil-genap dan di luar jam yang telah ditentukan.

Kebijakan ini mendapat reaksi para pengguna mobil pribadi. Selain implemensasinya sulit, polisi harus memperhatikan setiap mobil yang luas, juga menimbulkan penggunaan plat nomor palsu.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs