Senin, 29 April 2024

Hari Pertama UNBK SMP 2016 di SMPN 1 Surabaya, Lancar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Persiapan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 1 Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMPN 1 Surabaya pada hari pertama Senin (9/5/2016) berlangsung lancar meski awalnya dikhawatirkan bakal muncul kendala teknis.

Sampai sesi ke 3, pelaksanaan ujian nasional di SMPN 1 Surabaya tidak terkendala sedikitpun oleh gangguan teknis maupun gangguan lainnya. Sehingga pelaksanaan ujian dipastikan lancar.

“Kami awalnya juga khawatir bakal muncul kendala teknis atau lainnya. Ini lebih karena sekolah kami ada di pusat kota. Kekhawatiran kami saat pelaksanaan ujian tiba-tiba ada kendala teknis. Tapi Alhamulillah sampai dengan sesi terakhir atau sesi 3, seluruhnya lancar,” kata Titik Sudarti Kepala SMPN 1 Surabaya.

Hari pertama pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Surabaya diikuti sekurangnya 359 siswa kelas 3. Seluruh siswa dibagi menjadi 3 sesi pelaksanaan ujian setiap harinya. Hari pertama ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Titik menegaskan bahwa sebelum pelaksanaan ujian nasional dilakukan, pihaknya juga sudah melakukan persiapan-persiapan terkait teknis maupun kesiapan siswa-siswinya untuk mengikuti ujian nasional.

Beberapa kali try out yang diikuti seluruh siswa dilakukan di sekolah maupun diluar sekolah. Pembekalan keimanan juga dilaksanakan guna memberikan kekuatan moral bagi siswa juga digelar.

“Sesuai jadwal yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Surabaya, kami juga melakukan simulasi, bahkan beberapa kali untuk mengukur bagaimana kesiapan tim teknis kami sekaligus menghitung jikalau ada kendala teknis yang terjadi,” kata Titik.

Ternyata dari simulasi serta try out dan sejumlah uji coba yang sudah dilakukan, hasilnya cukup sgnifikan dan bagus. “Namun demikian kami tetap merasa khawatir kalau-kalau nanti muncul kendala. Alhamdulillah semuanya lancar,” kata Titik pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs