Kamis, 2 Mei 2024

Hias Kendang, Belajar Kesenian Tak Membosankan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa melukis Kendang, agar belajar kesenian tidak membosankan. Foto: Humas SMA Katolik Stella Maris for suarasurabaya.net

Masih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2016, siswa SMA Katolik Stella Maris Surabaya, Rabu (4/5/2016) melukis Kendang saat pembelajaran mata pelajaran kesenian. Alih-alih agar tidak membosankan.

“Kali ini kami ajak anak-anak untuk melukis Kendang. Terserah mereka mau bikin gambar apa. Ini memang bagian dari pelajaran kesenian. Ini tentunya tidak membosankan,” kata Antonius Riyanto Kepala SMA Katolik Stella Maris Surabaya.

Lebih lanjut Anton menambahkan bahwa aktivitas kali ini juga sebagai satu diantara upaya memperkenalkan alat musik tradisional, yaitu Kendang.

“Ini juga untuk memperkenalkan alat musik tradisional yaitu Kendang. Kalau mereka tidak mengenali alat-alat musik tradisional yang dimiliki bangsa ini, bagaimana mereka memahami kekayaan Nusantara,” kata Anton saat ditemui suarasurabaya.net.

Sekitar 139 siswa dengan masing-masing membawa satu Kendang berukuran kecil, ditambah alat-alat lukis, mulai dari spidol dan cat air menghias dan menggambari Kendang masing-masing.

Sementara itu beberapa siswa yang mengikuti kegiatan ini mengaku senang karena mendapat pengalaman baru serta mengenali satu perangkat alat musik tradisional khas Indonesia.

“Baru pertama kali memegang dan melihat dari dekat alat musik Kendang. Terus melukis dan menghias Kendang, tentunya seru dan menyenangkan. Asyik sekali pokoknya,” ujar Bernica Sasti siswa kelas XII.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs