Rabu, 17 April 2024

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat akan Membeli Rumah

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Memutuskan untuk membeli rumah mungkin adalah salah satu keputusan terbesar yang pernah Anda buat. Karena apabila melakukan kesalahan efeknya bisa berkepanjangan, mulai dari sisi finansial bahkan bisa saja merusak harmoni keluarga. Lalu kesalahan apa saja yang sering terjadi?

Untuk Anda yang baru saja memutuskan untuk membeli rumah pertama kalinya, simak 5 kesalahan yang perlu diketahui agar kamu tidak jatuh pada “lubang” yang sama seperti dilansir Antara berikut ini:

1. Tidak cermat menghitung kondisi keuangan
Karena rasa antusias untuk bisa segera memiliki rumah, banyak kejadian dimana pada akhirnya tidak cermat ketika menghitung kondisi keuangan. Selanjutnya yang terjadi adalah harga rumah yang dibeli ternyata terlalu tinggi dan melebihi kemampuan finansial.

Sebenarnya tidak ada yang salah jika Anda menginginkan rumah besar dengan harga tinggi, yang penting Anda cermat dalam menghitung kondisi finansial dan memang mampu untuk membelinya. Jangan sampai ketika Anda sudah memiliki rumah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi sulit atau ketika ada keperluan mendesak malah membuat Anda harus menambah utang.

Karena tidak sedikit orang yang terlalu memaksakan diri membeli rumah melampaui kemampuannya dan berujung dengan utang-piutang yang semakin menumpuk. Akhirnya rumah impian yang seharusnya menjadi berkah untuk keluarga, berakhir dengan bencana.

2. Tidak berkonsultasi saat memilih lokasi rumah
Ketika memiliki niat untuk membeli rumah, mungkin lokasi menjadi pertimbangan kedua Anda setelah menentukan bujet. Dalam menentukan lokasi rumah, Anda bersama keluarga haruslah kompak. Jangan sampai ketika rumah sudah dibeli, terdapat anggota keluarga yang merasa tidak nyaman dan kurang senang dengan lokasi yang dipilih.

Carilah lokasi rumah dijual yang memang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Bila lokasinya saja tidak disukai, bagaimana bisa rumah tersebut bisa menjadi hal terbaik untuk keluarga. Karena rumah yang nyaman juga tercipta oleh keharmonisan isinya, dimana Anda dan keluarga yang akan menentukannya.

3. Terlalu tergesa-gesa dalam memutuskan
Lagi-lagi karena rasa antusias yang tinggi, biasanya membuat keputusan yang diambil juga terkesan terlalu terburu-buru. Usahakan untuk tetap tenang pada saat mencari rumah bahkan hingga ketika sudah sampai pada tahap survei rumah.

Mempunyai beberapa pilihan rumah, sebenarnya merupakan hal yang baik. Dari sana Anda dapat membandingkan mana yang merupakan pilihan terbaik, dengan bertanya kepada kerabat ataupun anggota keluarga. Setelah itu cobalah untuk selalu berdoa dalam setiap keputusan yang akan diambil.

4. Tidak memiliki rencana ke depan
Kesalahan lainnya ketika sudah membeli rumah adalah tidak adanya rencana Anda bersama keluarga ke depan. Membeli rumah dengan 2 kamar, mungkin cukup untuk suami bersama istri dan 2 orang anak kecil. Namun, seiring berjalannya waktu pastinya anak akan semakin besar dan mereka membutuhkan kamar masing-masing. Jadi, bukankah lebih baik dari awal mencari rumah dengan 3 kamar dan mengajarkan anak-anak untuk mandiri mengurus kamarnya masing-masing.

5. Tidak diansuransikan
Anda tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi dengan rumah Anda. Terdapat juga kasus ketika sudah membeli rumah, namun terdapat bencana yang menyebabkan rumah hancur. Kemungkinannya memang kecil, tapi ada baiknya Anda mengansurasikan rumah Anda. Untuk Anda yang memiliki niat untuk membeli rumah denga KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) biasanya biaya ansuransi sudah termasuk di biaya awal bersamaan dengan DP (Down Payment).

6. Salah memakai jasa agen properti
Memakai agen properti bisa menjadi jalan singkat Anda untuk segera memiliki rumah dan sangatlah menguntungkan. Bagaimana tidak, Anda tinggal memberikan informasi detail mengenai bujet hingga kebutuhan lalu agen akan mulai menawarkan ke Anda beberapa pilihan sesuai.

Tapi, Anda juga harus berhati-hati. Pasalnya terdapat juga kasus agen properti nakal yang ternyata menjebak Anda untuk memiliki rumah yang sebenarnya jauh dari harapan Anda. Jadi, pilihlah dengan bijak agen properti yang akan Anda pakai.

Rumah yang Anda beli haruslah sesuai dengan rumah yang sudah diimpikan, dan hanya memutuskan untuk segera mewujudkannya saja tidaklah cukup. Jadi hindarilah kesalahan-kesalahan diatas saat Anda akan membeli rumah. Sebuah keputusan besar harus dipikirkan dengan matang, jangan sampai terburu-buru dan terbawa emosi sesaat.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs