Sabtu, 20 April 2024

Hipmi Surabaya Ajak Mahasiswa Berani Jadi Enterpreneur

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bertukar cinderamata, perwakilan Hipmi Surabaya dan UKWMS. Foto: Humas UKWMS.

Mahasiswa sebagai generasi muda bangsa jangan takut menjadi enterpreneur. Itu yang terungkap pada seminar kewirausahaan yang digelar UKWMS menggandeng Hipmi Badan Perwakilan Cabang Surabaya.

Generasi muda yang cerdas, bijaksana, menurut Muhammad Lutfy, bendahara umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) BPC Surabaya adalah mereka yang memegang tanggung jawab masa depan, memiliki karakter hebat, dan cita-cita hebat.

Itu disampaikan Lutfy dihadapan mahasiswa peserta seminar kewirausahaan Menjadi Pengusaha yang Cerdas, Bijaksana dan Kaya Raya, yang digelar Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), dengan harapan para mahasiswa berani jadi enterpreneur.

“Modal nekad, hanya sekedar tahu, menggebu-gebu, ibarat Arek Suroboyo ngantem dhisek, mikir keri itu yang saya lakukan saat pertamakali membangun usaha. Gagal, jatuh, bangun lagi dan saya tidak menyerah. Terus berusaha,” papar Lutfy.

Belajar dari kegagalan tersebut, Lutfy yang bermodalkan kepercayaan (trust) memberanikan diri menggeluti bidang usaha perkapalan hingga akhirnya bisa mencapai kesuksesan saat ini.

“Yang terpenting jangan takut untuk memulai, jangan takut gagal, semua orang sukses itu pasti pernah mengalami kegagalan. Mulailah, dan pelajari usaha itu dengan baik,” tegas Lutfy.

Pembicara kedua pada seminar kewirausahaan yang disesaki para mahasiswa ini, tampil Lussi Agustin, S.Stat., CEO StatS Me! yang merupakan alumni HIPMI Perguruan Tinggi (PT) dan saat ini sedang mengembangkan bisnis statistik pengolahan data.

Lussi hadir untuk membagikan pengalamannya menjalani usaha dengan pendampingan dari HIPMI hingga bisa berkembang dan memotivasi mahasiswa lain untuk berani memulai usaha.

Lussi memulai usahanya dari berbagai usaha kecil-kecilan seperti supplier karung plastik, hijab, hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha konsultan statistik. Kini usahanya telah berkembang hingga memiliki tempat tetap dengan tiga bilik konsultasi di daerah Kaliwaron, Surabaya.

Pada bagian akhir seminar, dilakukan penandatanganan MoU antara Hipmi PT yang diwakili oleh Kuswana Mandiri Septian Ketua Umum Hipmi Badan Perwakilan Cabang (BPC) Surabaya dengan UKWMS yang diwakili Drs. Kuncoro Foe, G.Dip., Sc., Rektor UKWMS.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs