Jumat, 30 Oktober 2020

Identitas Gelap, WNA Pengutil Berlian di Galaxi Mall Sulit Terlacak

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Dua WNA diduga pelaku pencurian atau mengutil berlian. Foto : CCTV Toko Prince Galaxy Mall Surabaya.

AKP Agung Pribadi Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya mangaku kesulitan melacak dua WNA pelaku pencurian berlian di sebuah toko Prince di Galaxy Mall, Kamis (28/1/2016) malam. Sebab, setelah dicek ke pihak imigrasi tidak menemukan file identitas dua WNA yang beretnis India itu.

Namun, Agung tidak menyerah. Saat ini pihaknya sudah menyebar foto CCTV yang saat di TKP Surabaya dan pada saat di Hotel Hyatt Jakarta.

“Kami sudah menyebar foto pelaku baik ke masyarakat umum, pihak imigrasi dan manajer operasional hotel. Sampai saat ini, kami terus berkoordinasi dengan imigrasi dan pihak hotel dan apartemen,” ujarnya di Mapolrestabes, Senin (1/2/2016).

Agung mengatakan, pihak imigrasi mengalami kesulitan karena dua WNA tersebut tidak ada direkam identitas. Selain itu, file kurikulum vitae kemungkinan besar menggunakan samaran.

“Pelaku bisa saja pakai nama lain. Kalau kita ada nomor paspor atau identitasnya mungkin lebih gampang. Kalau beridentitas bisa langsung dicekal,” katanya.

Menurut Agung, kemungkinan besar dua pelaku saat ini sudah keluar dari Surabaya. Tapi, masih berada di seputar wilayah Jawa Timur. “Mungkin sudah keluar dari Surabaya. Tapi, kemungkinan besar masih di lingkup Jatim,” katanya.

Dari segi cara mereka beraksi, kata Agung, dua WNA ini sudah memiliki teknik profesional. Mereka berdua kompak ada yang mencioba mengalihkan perhatian dan ada yang menggunakan kecepatan tangan.

“Mestinya mereka berjaringan. Tapi, untuk etnis India ini baru kali di Surabaya. Ini modusnya sudah profesional, punya keahlian mengutil,” katanya.

Selain itu, mereka berdua memanfaatkan kelengahan orang Indonesia yang sering terpukau dengan warga asing (bule). Sehingga, hal itu mudah untuk memecah konsentrasi.

“Kultur orang Indonesia itu kalau melihat WNA kayaknya lebih percaya. Sehingga, hal itu bisa mengacaukan konsentrasi. Padahal kedua orang itu sengaja menggunakan kelebihannya untuk menipu,” katanya.

Sekadar diketahui, gelang emas bermata berlian senilai Rp1,5 miliar dilaporkan dicuri dua orang WNA dari sebuah toko Prince di Galaxy Mall, Kamis (28/1/2016) malam. Gelang rantai tersebut berisikan 18 butir berlian GIA masing-masing 1 karat. Aksi dua WNA itu berhasil terekam CCTV.(bid/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Jumat, 30 Oktober 2020
30o
Kurs