Minggu, 28 April 2024

Indonesia Siap Jadi Pusat Busana Muslim Dunia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Peserta lomba hijab untuk mualaf Tionghoa di Masjid Cheng Hoo Surabaya, Kamis (19/2/2015) bertepatan dengan Imlek 2566. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Kementerian Perindustrian bersama penggiat busana muslim Tanah Air meyakini Indonesia mampu menjadi pusat mode hijab dunia pada 2020, kata Euis Saedah Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin.

“Itu dicanangkan tiga tahun lalu, dan tinggal empat tahun menuju 2020. Sebenarnya kalau semua kekuatan itu kita hadirkan dalam satu tempat dan orang tanya kaya apa pasti mereka mengakui bahwa kita bisa menjadi kiblat busana muslim,” kata Euis di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Untuk menuju ke sana, lanjut Euis, industri busana muslim di Indonesia selalu menggali inovasi untuk menciptakan tren busana muslim yang mengikuti perkembangan zaman.

“Model-model seperti kaftan sudah ditinggalkan. Lihat saja di pameran busana muslim yang digelar Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (Ipemi), semakin berkualitas dan trennya semakin maju, tidak itu-itu saja,” ujar Euis, seperti dilansir Antara. Akademisi, pengusaha, pemerintah, masyarakat dan media perlu berperan maksimal.

Kemenperin sendiri sedang mencari District Showcase Fashion Muslim atau pusat busana muslim yang dapat menunjukkan identitas mode muslim Indonesia.

“Distriknya harus memadai, keren, di situ ada beberapa contoh showcase dari produk mode muslim yang bisa dilihat negara lain dan juga ada sistem bisnisnya bagaimana, gambaran dari hulu ke hilir bagaimana. Ini yang sangat diperlukan,” ungkap Euis.

Berdirinya Islamic Fashion Institute (IFI) di Bandung juga diyakini mampu mendukung target industri busana muslim nasional untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.

Euis berharap, berbagai pihak mampu memaksimalkan perannya masing-masing, sehingga dengan berjalan bersamaan, negara berpenduduk muslim terbesar dunia ini betul-betul bisa menjadi pusat mode busana muslim.
(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs