Kamis, 9 Mei 2024

Ini Beberapa Uang Rupiah Dengan Desain Terkeren Sepanjang Zaman

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Uang kertas Rp5.000 yang dikeluarkan tahun 1992 ini dinilai yang terindah di zamannya. Foto : Ilustrasi

Bank Indonesia, Senin (19/12/2016) meluncurkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 yang terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam dengan gambar pahlawan. Desain rupiah baru ini diklaim adalah yang terbaik, namun seri-seri uang rupiah sebenarnya selalu terbaik di zamannya.

Dan berikut, beberapa uang rupiah yang dinilai suarasurabaya.net, memiliki gambar yang unik dan mungkin menjadi yang terbaik sepanjang zaman.


Uang kerta Rp10.000 yang dikeluarkan tahun 1975.
Desain uang kertas yang satu ini sebenarnya yang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Bahkan desainnya diklaim merupakan yang terbaik di dunia. Coba anda lihat detail desain uang ini, keserasian warna dan desain yang dimiliki membuatnya tampak apik nan indah. Gambar relief di bagian belakang mengingatkan pada kejayaan dan supremasi bangsa Indonesia di masa lalu. Wajah Barong di bagian depan juga mampu mewakili kebudayaan Indonesia yang kental.


Uang kertas Rp5.000 yang dikeluarkan tahun 1992.
Desain maupun warna uang ini juga tak kalah indahnya. Sasando Rote dan Danau Tiga Warna yang berwarna-warni menghias dan tertempel dengan baik sehingga menjadikan uang ini tampak indah dan sayang untuk dikeluarkan dari dompet. Desain uang kertas ini seolah menyampaikan pesan bahwa Indonesia memiliki keindahan alam dan corak kebudayaan yang kental.


Uang kertas Rp1.000 seri kebudayaan tahun 1952.
Meski tampak kuno, namun uang kertas ini jika diamati memiliki desain dan corak yang indah sekaligus mencerminkan kebudayaan Indonesia. Perpaduan warna yang unik serta pemilihan gambar yang menarik membuat uang ini menjadi buronan para kolektor uang kuno.


Uang kertas Rp20.000 tahun 1995.
Bagi sebagian dari kita, uang ini mungkin tak asing karena masa edarnya yang belum lama. Uang kertas ini memiliki desain dan penempatan gambar yang baik. Benang pengaman berwarna perak membuat uang ini sulit dipalsukan. Gambar Burung Cendrawasih serta Cengkih juga membuat uang kertas ini tampak cantik dan penuh warna.


Uang kertas Rp10 Seri Hewan Tahun 1957.
Mungkin tak banyak orang yang mengetahui keberadaan uang ini, namun dari perwajahan, uang ini tak kalah indahnya ketimbang uang seri lainnya. Mengusung gambar hewan kancil di pojok, penekanan warna di uang ini sangatlah indah dengan penempatan dan desain gambar yang cukup menarik dan unik.


Uang kertas Rp1 Seri Pemandangan Alam Tahun 1951.
Disebut seri pemandanganan alam karena desain uang ini cukup sederhana menampilkan gambar alam Indonesia yang indah. Tampak hamparan sawah serta terasering khas Indonesia. Desain uang ini seolah menyampaikan pesan bahwa Indonesia memiliki keindahan alam yang terbaik di dunia. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs