Jumat, 26 April 2024

Ini Cara DKP Surabaya Cegah Pohon Tumbang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perantingan dahan pohon dilakukan sejumlah pekerja. Foto: Dwi/Dok. suarasurabaya.net

Puncak musim hujan yang diperkirakan bakal berlangsung pertengahan hingga akhir Januari 2016, diantisipasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya dengan beberapa upaya. Di antaranya dengan perantingan dahan pohon mencegah agar tidak sampai tumbang.

“Perantingan dahan pohon kami lakukan justru sebelum musim hujan datang. Kami memang rutin punya jadwal untuk melakukan perantingan dahan pohon. Sekarang ini kami terus memantau dahan-dahan pohon yang ada,” kata Chalid Buchari Kepala DKP Surabaya.

Chalid menambahkan, perantingan dahan pohon penting dilakukan mengantisipasi pohon tumbang saat terjadi angin kencang yang kerap mewarnai hujan deras. “Setiap kali hujan deras biasanya diiringi angin kencang. Beberapa kali ada pohon tumbang,” kata Chalid.

Mengantisipasi itu, Chalid memerintahkan jajarannya untuk rutin melakukan perantingan dahan. Selain itu, berdasarkan catatan yang ada sejumlah pohon di beberapa kawasan memang tergolong jenis pohon bukan berakar kuat.

“Karena itu, kami antisipasi dengan secara rutin melakukan perantingan tersebut. Dan memasuki musim hujan kami tambah jadwal untuk perantingan dahan pohon,” kata Chalid lagi.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs