Senin, 17 Juni 2024

Ini Mekanisme Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia-Filipina

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI. Foto: Antara

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI mengatakan kedaulatan masing-masing negara menjadi dasar kerja sama pengamanan wilayah perairan perbatasan Indonesia, Malaysia, Filipina.

“Yang teman-teman harus perhatikan adalah bahwa masing-masing negara berdaulat dan harus menghormati kedaulatan masing-masing,” kata Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Pejambon, Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (3/5/2016) malam.

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu untuk menanggapi pertanyaan jurnalis Antara tentang bentuk mekanisme pengamanan perairan perbatasan bersama Malaysia dan Filipina yang akan dibahas dalam pertemuan antara menlu dan panglima militer RI dengan kedua negara tersebut

Menlu atas instruksi Joko Widoso Presiden menginisiasi pertemuan menlu dan panglima militer Indonesia, Malaysia, Filipina untuk membahas upaya pengamanan wilayah perairan perbatasan ketiga negara dan sekitarnya.

“Kita masih negosiasikan bentuknya, negosiasi masih berlangsung terus dan di sana-sini ada sensitivitas,” kata dia.

Oleh karena itu, Menlu menegaskan pemerintah Indonesia akan mengupayakan semua negosiasi dijalankan sampai di titik masing-masing negara memiliki kepentingan bersama.

“Tapi sampai di titik yang sama tersebut, kita juga bisa melakukan kegiatan bersama dengan tetap menghormati kedaulatan wilayah masing-masing negara,” kata dia.

Pertemuan trilateral menlu dan panglima militer Indonesia, Malaysia dan Filipina pada 5 Mei 2016 akan diawali kunjungan kehormatan kepada Joko Widodo Presiden RI, kemudian dilanjutkan pertemuan tertutup ketiga pihak di Gedung Agung Yogyakarta.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs