Selasa, 14 Mei 2024

Ini Penjelasan Satlak PB Tentang Banjir di Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Banjir di Dupak, Surabaya, Jumat (15/4/2016). Foto: Denza suarasurabaya.net

Soemarno Seketaris Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kota Surabaya menyatakan, hujan yang turun memang sangat deras sejak Jumat (15/4/2016) dini hari. Akibatnya, kata dia, terjadi “genangan” di sejumlah titik di Surabaya.

Satlak PB mencatat, genangan terjadi di kawasan Surabaya Utara, Surabaya Timur dan Surabaya Pusat. Antara lain di Jalan Semarang, Dupak-Demak, Asem Rowo (di sekitar sungai), dan Kalisaridamen.

“Tetapi genangan surutnya cepat. Sekitar jam 9 tadi sudah ada penurunan 15-20 cm. Dan harus dipahami bahwa hujan yang turun memang deras sejak jam 3 pagi tadi,” ujarnya.

Soemarno, Satlak PB Kota Surabaya mengatakan seluruh personel sudah disiagakan untuk mengantisipasi genangan.

Personel Satlak PB sudah melakukan sinergi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

Bentuk sinergi ini satu diantaranya, dalam hal optimalisasi fungsi rumah pompa bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Pematusan.

Selain itu, Satlak PB juga membantu Dinas Perhubungan untuk mengurai kepadatan lalu lintas akibat genangan air.

“Apalagi pada jam berangkat kerja sehingga intensitas pengguna jalan sedang tinggi-tingginya,” katanya.

Soemarno yang juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Kota Surabaya mengatakan, hujan deras disertai angin kencang akan sering terjadi menjelang pergantian musim.

“Kami antisipasi terjadinya angin kencang. Hujan hari ini tidak ada laporan adanya angin kencang hingga ada pohon tumbang, misalnya,” katanya.

Dia memperkirakan, intensitas hujan masih lumayan tinggi selama bulan April ini. Karenanya, Satlak PB akan terus waspada dan memantau situasi.

Pemantauan situasi ini dilakukan oleh personel Satlak PB Kota Surabaya melalui tampilan gambar di ruangan CCTV.

Peralatan yang berkaitan dengan air, menurut Soemarno, juga sudah siap di kantor pusat Satlak PB maupun di Satgas wilayah.

Beberapa Satgas Wilayah di Surabaya antara lain, untuk Surabaya pusat di Jalan Embong Sawo, Surabaya Utara di Rangkah, Surabaya Timur di Rungkut, dan Surabaya Barat di Margomulyo.(den/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs