Minggu, 19 Mei 2024

Ini Penyebab Jalan Greges Macet Berhari-hari

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kemacetan di jalur Gresik arah Surabaya, Jumat (17/6/2016). Foto: Istanto Pitoyo‎ via e100

Selama beberapa hari, Jalan Greges – Tambak Langon mengalami kemacetan. Panjangnya antrean kontainer yang akan masuk ke depo PT. Masaji Tatanan Container ditengarai menjadi penyebab kemacetan tersebut.

Anam bagian operasional PT. Masaji Tatanan Container menjelaskan, panjangnya antrean bukan karena lambatnya pelayanan, tapi karena penumpukan kontainer di dalam depo.

“Sebenarnya ada jalan masuk yang lumayan panjang bisa menampung sampai 80 kontainer. Tapi, kuota impor yang berlebihan sejak awal Juni menyebabkan panjangnya antrean kontainer yang masuk ke depo. Saat ini masuk terus, out-nya tidak ada. Volume biasanya 5.000 TEUs sekarang 8.000 TEUs,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (17/6/2016) siang.

Dia menambahkan, jika normalnya di jalan masuk ke depo ada dua lajur, satu lajur impor dan satu lajur ekspor, maka saat ini sudah menjadi tiga lajur yang semua digunakan untuk impor. Sedangkan, untuk lajur ekspor diatur bergantian.

Menurut Anam, pihak PT. Masaji Tatanan Container sudah berusaha mengurangi kemacetan dengan menghentikan beberapa pelayaran yang akan memasukkan kontainernya ke depo.

“Beberapa pelayaran sudah kita stop untuk masuk ke kita. Ini tinggal menghabiskan yang terakhir. Sudah kita sounding arus impor di-stop, dipindahkan ke depo lain karena beberapa pelayaran ada yang dua hingga tiga depo. Ekspor sudah kita minta untuk diperkencang agar bisa mempercepat pelayanan di dalam,” ujarnya.

Anam memprakirakan baru satu minggu ke depan arus kontainer yang akan masuk ke depo bisa kembali normal. “Kami minta maaf atas kondisi yang sekarang ini. Kita berharap semoga segera bisa lebih cepat,” katanya.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs