Minggu, 19 Mei 2024

Ini Rangkaian Acara Pembukaan Prepcom3 UN Habitat III Hari Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Suasana di dalam Convention Hall Grand City Surabaya sebelum acara pembukaan Prepcom3 UN Habitat III. Foto: Brury suarasurabaya.net

Prepcom3 UN Habitat III akan dibuka secara langsung oleh Jusuf Kalla wakil Presiden. Dan turut hadir dalam sesi pembukaan yang berlangsung pukul 09.00 WIB ini diantaranya, Basoeki Hadimoeljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Joan Clos Sekjen PBB untuk UN Habitat III, Soekarwo Gubernur Jawa Timur dan Tri Rismaharini Walikota Surabaya.

Di awal pembukaan nanti, Soekarwo Gubernur Jawa Timur akan menyampaikan sambutan selamat datang. Diikuti sambutan dari Basoeki Hadimoeljono Menteri PUPR, Joan Clos Sekjen PBB untuk UN Habitat III. Seperti yang tertera dalam susunan acara, Jusuf Kalla akan memberikan sambutan setelah sambutan ketiga pejabat tersebut.

Kemudian pukul 09.00 WIB nanti, akan dilakukan media brieffing berkaitan dengan acara yang akan berlangsung. Peliputan hanya bisa dilakukan oleh awak media sampai akhir sesi pembukaan Prepcom3 UN Habitat III.

Pasca pembukaan, delegasi Prepcom3 UN Habitat III akan mengikuti sesi utama. Ada sesi pemilihan petugas delegasi yang dilanjutkan dengan pertemuan yang dimulai dengan adopsi agenda dan program kerja Prepcom3 ini.

Joan Clos Sekjen PBB untuk UN Habitat III juga akan melaporkan perkembangan perkotaan yang ada di dunia untuk kemudian diteruskan menjadi sebuah agenda baru yang akan dibawa ke Ekuador pada UN Habitat Oktober mendatang.

Selanjutnya, para delegasi juga akan masalah-masalah keorganisasian yang dilanjutkan dengan pembahasan draft agenda perkotaan hingga sesi kesimpulan.

Di sela-sela acara akan ada acara dimana para delegasi akan diajak untuk berkeliling ke beberapa kampung dan taman di Surabaya. Seperti kampung Jungkut, Taman Ekspresi dan Taman Prestasi.

Usai acara galla dinner nanti, para delegasi rencananya akan diajak untuk melihat festival Kalimas. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs