Rabu, 15 Mei 2024

Iriana Jokowi Ajak Ibu Negara Singapura Kunjungi Lawang Sewu

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Iriana Joko Widodo dan Ho Ching isteri Perdana Menteri Singapura di Lawang Sewu. Foto: Setpres

Di sela-sela pertemuan antara Joko Widodo Presiden Republik Indonesia dan Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura yang berlangsung di Wisma Perdamaian, Semarang, Iriana Joko Widodo dan Ho Ching isteri Perdana Menteri Singapura berkesempatan melakukan kunjungan ke Lawang Sewu, di Komplek Tugu, Jalan Pemuda, Kelurahan Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Senin, 14 November 2016.

Tiba di bangunan bersejarah dua lantai yang dibangun pada tahun 1904 itu, Iriana Joko Widodo dan Ho Ching disambut oleh Hj. Siti Atikoh Ganjar Pranowo dan sambil berjalan ke lantai dua gedung, rombongan diberikan penjelasan seputar sejarah Lawang Sewu oleh Kartono Asisten Manajer Edukasi dan Promosi Unit Museum PT Kereta Api Indonesia.

Di lantai dua bangunan bersejarah itu, Iriana dan Ho Ching kemudian meninjau produk-produk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah, berupa kerajinan batik dan tas dipandu oleh Ketua Umum Dekranasda Jawa Tengah, Ibu Hj. Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

Saat peninjauan berlangsung, Ho Ching didampingi Iriana Jokowi juga sempat membuat batik (membatik) dengan menuliskan kata “chantek batik” di sehelai kain putih dengan menggunakan canting yang berartikan batik yang cantik.

Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu), karena bangunan tersebut memiliki pintu dengan jumlah banyak sehingga masyarakat sering menyebut dengan nama Lawang Sewu. Saat ini bangunan bersejarah itu berfungsi sebagai museum dan dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
32o
Kurs