Minggu, 28 April 2024

Jasa Tirta Bangun Pembangkit Listrik di Blitar

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi, jaringan pembangkit listrik.

Perum Jasa Tirta (PJT) I mulai membangun PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) Lodagung yang ada di Kelurahan Jegu, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, dengan biaya investasi Rp40 miliar.

“Sesuai PP 46 Tahun 2010, kami PJT I diberikan kewenangan untuk optimalisasi aset. Salah satunya aset kami adalah sumber daya air yang masih potensial kini mulai kami jadikan PLTM di Lodagung. Ini proyek pertama kali yang dilakukan oleh perusahaan secara langsung tanpa ada investasi dari pihak ketiga,” kata Vonny C Setiawati, Kepala Divisi SPAM dan PLTA/PLTM, Selasa (29/11/2016).

Proyek PLTM Lodagung sendiri diperkirakan akan selesai pada November 2017 mendatang dan bisa menghasilkan listrik sebesar 2 x 650 KW.

Ia menjelaskan, PLTM Lodagung merupakan program pengembangan usaha Perum Jasa Tirta I dalam investasi di bidang Energi Baru Terbarukan. “Proyek ini memanfaatkan potensi tinggi jatuh (gross head) sebesar 12,50 meter di bagian pengambilan saluran irigasi Lodagung,” kata dia.

Adapun air irigasi selama ini tersedia sepanjang tahun dengan ketersediaan debit sebesar 8,89 – 13,78 meter kubik perdetik. Air tersebut yang semula digunakan hanya untuk mengairi lahan pertanian dari Kabupaten Blitar hingga Tulungagung, selanjutnya akan dibangkitkan dan dapat menghasilkan tenaga listrik.

Sebelum digunakan untuk mengairi sawah, air diambil langsung dari Waduk Wlingi menggunakan pipa intake teknologi siphon, lalu dialirkan melalui pipa pesat (penstock) yang saat ini masih dibangun. Lalu air memutar turbin dan turbin memutar generator, dan dikembalikan lagi ke saluran irigasi untuk mengairi lahan pertanian.

Rencananya energi listrik tersebut akan diinterkoneksikan dengan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kV milik PLN di Gardu Induk Wlingi. Diharapkannya pasokan listrik baru dari PLTM ini mampu menambah dukungan sebesar 1,7 MVA (10,22 persen) dari total kekurangan sebesar 16,62 MVA yang dibutuhkan untuk wilayah Blitar dan sekitarnya. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs