Selasa, 21 Mei 2024

Jasa Tirta Temukan Perusahaan Pencuri Air Kali Brantas

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Personel Jasa Tirta ketika menggelar sidak di Sungai Brantas. Foto : dok Jasa Tirta

Perum Jasa Tirta (PJT) I menemukan adanya empat perusahaan yang sengaja mencuri air dari untuk bahan baku perusahaan tersebut. Temuan ini merupakan hasil sementara dari sidak yang digelar sejak 21 Juli hingga 18 Agustus mendatang.

“Baru empat yang kami temukan. Perusahaan yang kami temukan ini berada di Surabaya dan Sidoarjo,” kata didik Ardianto, Kepala Sub Divisi Jasa Asa Wilayah Sungai Brantas PJT I, Jumat (29/7/2016).

Sidak dilakukan dengan menyusuri aliran Sungai Brantas serta melakukan pemeriksaan terhadap beberapa perusahaan di pinggiran sungai yang tidak memiliki surat izin pengambilan air (SIPA).

Terkait temuan ini, PJT juga telah mengirimkan surat teguran agar perusahaan tersebut segera mengurus SIPA.

“Nanti silakan perusahaan ini segera mengurus SIPA ke BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) karena BBWS mewakili Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berwenang mengenai perizinannya,” kata dia.

Jika surat teguran tidak diindahkan, maka PJT akan melakukan pembongkaran paksa pompa air yang digunakan perusahaan tersebut untuk mengambil air dari Sungai Brantas.

Saat ditanya mengenai sanksi, ia mengatakan jika peringatan dan pembongkaran pompa bakal memberikan efek jera bagi industri. Apalagi, tanpa adanya bahan baku air, maka perusahaan tersebut dipastikan juga tidak bisa berproduksi. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs