Selasa, 28 Mei 2024

Jatim Kembali Berangkatkan Transmigrasi ke Gorontalo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Transmigran akan diberangkatkan. Foto : suarasurabaya.net

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Timur kembali memberangkatkan sebanyak 28 keluarga atau 81 jiwa untuk transmigrasi ke luar Jawa. Pemberangkatan kali ini merupakan kloter ke empat sepanjang tahun 2016.

“Total yang sudah kita berangkatkan kalau ditambah hari ini adalah 80 keluarga dengan 230 jiwa,” kata Sukardo, Kepala Disnakertransduk Jawa Timur, usai memberangkatkan para transmigran di Gedung Transito Disnaker, Kamis (26/5/2016).

Menurut Sukardo, transmigran yang kali ini diberangkatkan akan ditempatkan di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Mereka selanjutnya akan dibagi dalam dua kelompok yaitu transmigran yang fokus untuk menjadi nelayan dan transmigran yang fokus bercocok tanam.

“Mereka sudah kita latih selama 10 bulan. Kami juga memberikan bekal peralatan kerja misalnya yang nelayan ya kami beri bantuan jaring. Begitu juga yang petani ya kita beri peralatan bercocok tanam,” kata Sukardo.

Keberangkatan 28 keluarga kali ini merupakan ke empat kalinya sepanjang tahun 2016 ini. Sebelumnya Disnakertransduk juga telah memberangkatkan transmigran ke Maluku Utara, Kemudian Sulawesi Selatan, serta ke Gorontalo.

Selama di lokasi yang baru, para transmigran ini akan mendapatkan rumah tipe 36, kemudian lahan seluas satu hektar, dan mendapatkan bantuan biaya hidup selama satu tahun. Bantuan hidup ini juga akan diperpanjang lagi selama delapan bulan jika di wilayah baru mereka belum bisa produktif.

Menurut Sukardo, transmigran hingga saat ini masih menjadi pilihan warga. Bahkan saat ini setidaknya sudah ada dua ribu keluarga yang sudah mendaftar. “Untuk tahun ini yang akan kami berangkatkan sebanyak 550 keluarga dan akan dikirimkan bergiliran tiap bulan sekali,” kata dia. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
30o
Kurs