Rabu, 17 April 2024

Jatim Siapkan Beberapa Infrastruktur Baru untuk Memajukan Madura

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Di bawah Jembatan Suramadu. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur siapkan beberapa pembagunan infrastruktur baru untuk mempercepat pembangunan kawasan Madura pasca penurunan tarif penyeberangan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

“Irigasi tentunya yang utama karena Madura itu komoditi unggulannya ada di sektor pertanian seperti jagung dan tembakau,” kata Fattah Jasin, Kepala Bappeda Jawa Timur ketika berbincang dengan suarasurabaya.net, Rabu (2/3/2016).

Menurut Fattah, selama ini stok tembakau nasional 60 persen disuplai dari Jawa Timur. Dari jumlah ini, tembakau Madura bahkan memasok 50 persen kebutuhan.

Selain untuk petani, pembangunan irigasi seperti pembangunan waduk di Blega juga akan dilakukan untuk mengurangi potensi banjir yang belakangan kerap melanda Madura.

Pelebaran jalan utama khususnya jalan lingkar utara Madura juga akan dilakukan. Jika saat ini jalan lingkar utara Madura hanya memiliki lebar 8 meter, ke depan akan segera diperlebar hingga 12 atau 14 meter.

Untuk mempermudah pembangunan, beberapa Jalan Provinsi yang ada di Madura saat ini juga telah diambil alih menjadi Jalan Nasional. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs