Selasa, 30 April 2024

Jelang 17 Agustus, Grahadi Mulai Dipercantik

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Jelang peringatan Hari Proklamasi ke-71 Tahun 2016, Gedung Negara Grahadi Surabaya mulai ditata dan dipercantik. Gedung cagar budaya yang terletak di Jalan Gubernur Suryo Nomor 7 Surabaya ini, setiap tahun selalu menjadi tempat upacara peringatan detik-detik proklamasi yang dilaksanakan pada 17 Agustus.

Untuk menyambut detik-detik peringatan proklamasi itu, Grahadi sebagai simbol pemerintahan Provinsi Jawa Timur mulai mendapat perhatian khusus diantaranya dilakukan pengecatan, pemasangan lampu baru, hingga mengelap dan mengganti pernak-pernik yang usang.

Hizbul Wathon, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Jawa Timur, Kamis (11/8/2016) mengatakan, pengecatan dilakukan di hampir seluruh bagian dinding termasuk juga pada pilar-pilar utama bergaya romawi yang ada di depan gedung.

Ujung dan pangkal pilar yang bermotif khas dicat khusus menggunakan warna emas yang lebih cerah dibanding warna sebelumnya. Sementara pedestrian yang mengelilingi lapangan juga dicat ulang. Bahkan pagar tembok yang sudah mengelupas dihilangkan dan disemen ulang.

“Pagar tembok sengaja kami kelupas karena sudah rampal dan harus ditambal dengan semen baru,” kata Hisbul.

Agar gedung yang dibangun Belanda ini lebih menarik, dua buah meriam hias yang terbuat dari kuningan yang menjadi salah satu ciri khas Gedung Grahadi juga dipoles sehingga lebih mengkilap.

Untuk mempercantik gedung, dipasang lampu bernuansa kuno. Lampu baru ini digunakan untuk mengganti lampu-lampu taman yang memang telah usang.

Pemasangan umbul-umbul serta bendera juga telah dilakukan. Sedangkan untuk persiapan upacara, mulai hari ini juga telah dilakukan proses pemasangan terop di seputar Grahadi. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version