Selasa, 14 Mei 2024

Jelang Libur Idul Adha, Sopir Tes Kesehatan di Terminal Joyoboyo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para sopir antre menunggu giliran diperiksa kesehatannya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan sopir angkutan umum di terminal Joyoboyo, Surabaya, mengikuti pemeriksaan kesehatan sebelum libur panjang perayaan Idul Adha yang diperkirakan berlangsung mulai Sabtu (10/9/2016) hingga Senin (12/9/2016) mendatang.

Beberapa tahapan wajib diikuti para sopir saat mengikuti pemeriksaan kesehatan. Setelah melakukan pendaftaran masing-masing sopir diberi wadah plastik untuk tempat urine. Saat menyerahkan sampel urine para sopir langsung diperiksa tensi darahnya.

Kompol Imara Wakasatlantas Polrestabes Surabaya mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan para sopir dilakukan kali ini memang dalam rangka menjelang libur panjang sehubungan perayaan Idul Adha.

“Kami berharap kondisi kesehatan para sopir cukup prima, sehingga mereka dapat bekerja dengan baik, dan tidak mengalami gangguan. Karena pekerjaan mereka berhubungan dengan masyarakat atau penumpang,” kata Imara.

Diharapkan dengan kondisi kesehatan yang prima tersebut, lanjut Imara kecelakaan atau hal-hal lainnya sehubungan dengan pekerjaan mereka sebagai sopir dapat dihindarkan. “Biasanya saat liburan penumpang kan membludak, kondisi kesehatan mereka harus fit,” ujar Imara.

Dari pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan pada sekurangnya 30 sopir angkutan berbagai jurusan dikawasan Surabaya ini, petugas tidak menemukan gejala-gejala atau gangguan kesehatan diakibatkan zat-zat berbahaya.

“Dari pemeriksaan awal ini, kami tidak temukan adanya gangguan kesehatan yang dialami para sopir sebagai akibat dari penggunaan zat-zat berbahaya atau zat adiktif. Sebagian besar kelelahan saja,” lanjut Imara saat berbincang dengan suarasurabaya.net.

Sementara itu ditemui usai mengikuti pemeriksaan kesehatan Karimun, 50 tahun sopir angkutan jurusan Joyoboyo – Kenjeran menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan seperti ini sebaiknya rutin digelar.

“Supaya tahu bagaimana kondisi kesehatan kita. kalau ke rumah sakit atau dokter nanti malah ongkos, kalau gratis seperti ini lumayan tidak keluar ongkos,” ujar Karimun.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
26o
Kurs