Jumat, 19 April 2024

KJRI Jeddah Buka Pendaftaran Tenaga Musiman Haji

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Salah seorang petugas Tenaga Musiman (Temus) dari Sektor I Bandara Jeddah sedang membantu jamaah menunjukkan lokasi tempat rombongannya berada (8/9/2015). Foto: kemenag.go.id

Teknis Haji Konsulat Jenderai RI (KJRI) di Jeddah membuka pendaftaran calon tenaga musim (temus) haji dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji Indonesia di Arab Saudi 1437 H/2016 M.

Menurut keterangan tertulis Kemenag yang dilansir Antara, Senin (25/4/2016), Surat Kepala Perwakilan RI yang ditandatangani Staf Teknis Haji I Ahmad Dumyathi Bashori tertanggal Jumat, 23 April 2016 menyebutkan, pendaftaran dibuka dari 24 April-5 Mei 2016.

Dalam surat bernomor 0345/H/4/2016 tentang Perekrutan Tenaga Musim Haji Mukimin di Arab Saudi tahun 1437 H/2016 M, disebutkan tes tertulis dilakukan pada 8 Mei 2016.

Sedangkan tes keterampilan bagi pelamar pengemudi, sekretariat, teknisi, mekanik, dan kebersihan akan dilakukan pada 9 – 10 Mei 2016. Calon tenaga musim yang lulus test akan diumumkan pada Rabub (18/5/2016) mendatang.

Ahmad Jauhari Staf Teknis Haji III membenarkan bahwa surat tersebut resmi dikeluarkan oleh KJRI Jeddah. “Iya, itu pengumuman untuk Pendaftaran Temus dari unsur mukimin Arab Saudi (warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi),” terang Jauhari.

Menurut Jauhari, ada 7 formasi yang dibuka dalam pendaftaran temus mukim, yaitu: petugas administrasi; 2. pengawas transportasi; 3. teknisi komputer; 4. teknisi listrik; 5. mekanik; 6. pengemudi; dan 7. pelayanan umum (petugas lapangan).

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pendaftar adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) beragama Islam dan berakhlak baik;

2. Mampu berbahasa Indonesia dan Arab/Inggris;

3. Memiliki konduite baik bagi yang pernah bertugas sebagai tenaga musim;

4. Berusia antara 25 s.d. 50 tahun (pada tanggal 1 Mei 2016), berdasarkan KTP/Ijazah/Akte Kelahiran;

5. Memiliki ijazah SMU atau yang sederajat dengan menunjukkan aslinya atau foto copy yang dilegalisir asli, kecuali pendaftar tenaga pengemudi/kebersihan;

6. Sanggup bekerja selama operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1437H; serta

7. Mengisi formulir pendaftaran dan isian biodata secara online pada situs https://ppiharabsaudi.com, dan mengupload seluruh berkas dan syarat-syarat pendaftaran (dalam bentuk format JPEG) berupa:
a) Iqamah dan paspor yang masih berlaku dengan menunjukan aslinya;
b) Surat izin mengemudi (SIM) kecil/besar bagi pendaftar tenaga pengemudi dengan menunjukan aslinya;
c) Pas foto warna terbaru ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar dan ukuran 2×3 sm sebanyak 1 lembar, dengan latar belakang warna merah; d) Surat keterangan sehat dari dokter; dan e) Surat izin dari sponsor (Kafil) yang menyatakan bahwa yang bersangkutan diizinkan bekerja sebagai tenaga musim dan mencantumkan nomor telepon Kafil, dilegalisir oleh Ghurfah Tijariah (Kamar Dagang) atau Umdah (Lurah)

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat mengunjungi website https://ppiharabsaudi.com atau menghubungi kantor Teknis Haji KJRI Jeddah, telp: 012-6692118.

“Proses penerimanaan tenaga musim gratis, tidak dipungut biaya. Panitia juga tidak bertanggung jawab jika ada oknum yang melakukan pemungutan pada pelaksanaan pendaftaran dan penerimaan tenaga musim,” tegas Jauhari.

“Untuk transparansi, proses pendaftaran dilakukan secara online,” tambahnya. Menurutnya, calon peserta bisa mendaftar tanpa harus datang ke Kantor Teknis Haji. Mekanisme ini diberlakukan untuk meminimalisir kontak langsung antara penitia dengan calon peserta temus.

Selain Temus Mukimin (orang Indonesia yang mukim di Arab Saudi), menurut Jauhari, akan dibuka juga pendaftaran bagi temus unsur mahasiswa. Pendaftaran temus mahasiswa diatur melalui mekanisme tersendiri.

“Untuk temus dari unsur mahasiswa ada mekanisme tersendiri. Pendaftarannya melalui kantor perwakilan 9 negara,” jelas Jauhari. Adapun kesembilan negara tersebut adalah Mesir, Syria, Jordan, Sudan, Yaman, Maroko, Tunis, Libanon, dan Libya.(ant/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs