Senin, 29 April 2024

Karena Hobi, Ular Sebesar Jari Lebih Mahal Dari Dua Ekor Sapi

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Yani (berkerudung) bersama seorang pembimbing komunitas pencinta repril mengajari cara memegang ular yang benar. Foto: Jose suarasurabaya.net

Sempat membuat tercengang banyak orang, seekor ular sebesar jari kelingking harganya melebihi dua ekor sapi atau setara dengan Rp25 juta tapi itulah faktanya.

Namanya kalau sudah hobi, soal harga seakan-akan tidak menjadi masalah. Bahkan dimanapun benda yang disukainya itu berada akan diburu, demi hobi.
Demikian penuturan komunitas penggemar reptil yang tergabung dalam DEBAR (Dekat bersama reptil) saat berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (21/8/2016).

Penggemar reptil ini sengaja memanfaatkan car free day setiap hari Minggu bertemu dan saling sapa dengan penggemar reptil yang dari beberapa daerah misalnya Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogjakarta dan Semarang. Bahkan ada yang datang dari luar Jawa.

Komunitas penggemar reptil itu datang dengan “teman” peliharaannya seperti ular, biawak, buaya, iguana dan beberapa jenis binatang melata lainnya.

Teman peliharaannya itu ada yang tergolong binatang buas yang bisa mengancam keselamatan pemilik maupun orang lain.

Disinilah sesunggunya tantangan dan kepuasan batin penggemar bintang melata. Merasa bangga kalau bisa menaklukkan sifat binatang buas itu menjadi teman dan bisa diajak bermain-main.

Meky alias gondrong sosok yang dituakan oleh komunitas DEBAR mengatakan, banyak manfaat yang diperoleh saat mengkoleksi reptil seperti melatih sabar dan harus benar- benar memahami karakter binatang peliharaannya.

Sebab kalau sampai ceroboh, binatang yang berhasil dijinakkan itu tak segan-segan menggigit. “Sejinak apapun namanya binatang, tetap binatang,” kata Melky.

Koleksi Melky ini cukup banyak mulai buaya, ular piton, albino dan biawak. Semuanya dipelihara sejak kecil sehingga tak heran kalau binantang yang menakutkan itu cukup akrab dengan Melky dan selau menemaninya di saat hari libur.

“Tak kapok bahkan saya semakin sayang, meskipun temannya itu terkadang menyakitinya,” kata Melky.

Bicara soal harga penyayang binatang ini tidak segera menjawab, bisa membuat orang lain kaget.

Seekor ular loreng sebesar jari kelingking harganya lebih mahal dari dua ekor sapi. Umur dan warna ikut menentukan kisaran harga. Ada albino yang harganya sampai Rp50 juta.

Yani seorang penggemar pemula binatang melata mengatakan, masih geli takut dengan albino dan ular bersisik emas yang dipeliharanya sejak satu bulan yang lalu ini.

“Melatih kelembutan,” kata komunitas mualaf Masjid Sunda Kelapa saat berkumpul bersama teman temannya di bundaran HI, Minggu (21/8/2016) pagi tadi. (jos/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs