Senin, 6 Mei 2024

Kekuatan APBD Jatim 2017 Capai Rp24,2 Triliun

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Dalam nota keuangan yang disampaikan Soekarwo Gubernur Jawa Timur, potensi APBD Jawa Timur pada tahun 2017 mendatang akan mencapai Rp24,2 triliun.

Dari angka ini, Pendapatan Asli Daerah yang berasal dari pajak daerah mencapai Rp14,8 triliun, serta dana dari Pemerintah Pusat sebesar Rp12,1 triliun.

“Dana transfer dari pusat merupakan dana bagi hasil berupa dana alokasi khusus, dana alokasi umum, serta dana bagi hasil cukai, dana bagi hasil migas, pajak rokok serta dana bagi hasil lain,” kata Fattah Jasin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Timur, Rabu (5/10/2016).

Fattah juga mengatakan, sesuai amanat Undang-undang, APBD Jawa Timur kali ini sebanyak 20 persen akan digunakan untuk anggaran pendidikan atau mencapai Rp7 triliun, kemudian 10 persen untuk fungsi kesehatan dan 10 persen untuk fungsi infrastruktur.

Fattah Jasin juga mengatakan, proses penyusunan APBD saat ini juga terus dimatangkan bersama DPRD dan diharapkan pada 10 November mendatang, APBD Jawa Timur bisa diputuskan bersama antara DPRD dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs