Jumat, 17 Mei 2024

Kemenag akan Gelar Seminar Internasional Tentang Alquran

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Alquran.

Kementerian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMA) akan menggelar Seminar Internasional tentang Alquran yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 30 Agustus-1 September 2016 di Jakarta.

Seperti disiarkan laman resmi Kemenag yang dikutip Antara, Rabu (18/5/2016), seminar internasional ini mengangkat tema “Peran Mushaf dalam Membangun Peradaban Islam dan Kemanusiaan”.

Seminar Internasional ini diharapkan menjadi forum pertemuan dan diskusi para pakar, para pemimpin perguruan tinggi, ilmuwan, cendekia, ulama dan tokoh agama, maupun lembaga-lembaga yang memiliki perhatian terhadap kajian Mushaf Alquran. Terutama tentang upaya mengungkap peran Mushaf Alquran terhadap persoalan kemanusiaan, kemasyarakatan, dan kebangsaan.

Terkait itu, seminar juga akan membahas sejumlah sub tema, antara lain: 1) Kontribusi dan Upaya dalam Pelayanan Mushaf dari Masa ke Masa; 2) Pengaruh Mushaf Alquran terhadap Umat Muslim dalam bidang Peradaban dan Bahasa; 3) Tradisi Penyalinan Mushaf Alquran antara Timur dan Barat Dunia Islam di Tengah Perkembangan Teknologi Modern.

Sub tema lainnya: Keraguan Seputar Mushaf Alquran dan Sejarahnya; Kodifikasi Mushaf Alquran dan Aliran Kaligrafi Arab; Mushaf Alquran dalam Seni Islam; Mushaf Alquran; Rasm, Dhabt, Waqf, dan Ibtida’; Mushaf Alquran dan Isu-isu Kontemporer; Mushaf-mushaf Kuno dalam Perspektif Filologi; serta Terjemah Alquran; Sejarah, Perkembangan dan Problematikanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs