Rabu, 22 Mei 2024

Kemenhub Masih Programkan Penerbangan Perintis Sumenep-Surabaya

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ilustrasi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI masih memprogramkan penerbangan perintis di jalur Sumenep (Bandara Trunojoyo)-Surabaya (Bandara Juanda) dan sebaliknya pada 2017.

“Sesuai informasi yang kami terima dari pihak terkait di Kemenhub, Bandara Trunojoyo Sumenep masih menjadi bagian dari jalur penerbangan perintis pada 2017,” kata Wahyu Siswoyo Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, dilansir Antara, Sabtu (26/11/2016).

Menurut dia, unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo adalah lembaga kepanjangan tangan Kemenhub yang berada di Sumenep, Jawa Timur. Selain Sumenep, Pulau Bawean di Kabupaten Gresik merupakan daerah di Jawa Timur yang menjadi bagian dari jalur penerbangan perintis pada 2017.

“Saat ini, pihak terkait di Kemenhub masih melakukan persiapan awal untuk melelang jalur penerbangan perintis tersebut,” ujar Wahyu

Ia menjelaskan, Bandara Trunojoyo tetap akan menjadi salah satu bandara “home base” atau pangkalan dari pesawat yang melayani jalur penerbangan perintis pada 2017.

Pada 2017, jalur penerbangan perintis Sumenep-Surabaya dan sebaliknya dan Surabaya-Bawean dan sebaliknya, tetap satu paket dengan rute penerbangan perintis Surabaya-Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah, dan sebaliknya.

Sejak 2015, Bandara Trunojoyo Sumenep menjadi bagian dari jalur penerbangan perintis atau bersubsidi yang merupakan program Kemenhub. Maskapai PT Susi Air merupakan operator penerbangan jalur perintis yang melalui Bandara Trunojoyo Sumenep pada 2015 dan PT Airfast Indonesia pada tahun ini. (ant/bry/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
25o
Kurs