Minggu, 5 Mei 2024

Kemensos Kirim Mobil Dapur Umum ke Mentawai

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kementerian Sosial RI mengirimkan mobil dapur umum lapangan (dumlap) ke lokasi gempa berkekuatan 7,8 SR yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Rabu (2/3/206) malam.

“Tadi pagi saya sudah meminta dikirim mobil dumlap ke Mentawai karena sangat dibutuhkan membantu masyarakat dalam menyediakan makanan dalam kondisi darurat,” ujar Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial kepada wartawan di Surabaya, Jatim seperti dilansir Antara.

Selain mengirim mobil dapur umum, pihaknya juga mengerahkan 32 personel dari 82 ribu anggota Tim Siaga Bencana (Tagana) yang berada di Sumatera Barat untuk membantu 15 personel di Mentawai.

“Pada saat proses evakuasi komandannya adalah Basarnas. Sedangkan untuk tanggap darurat, tim dari Tagana dari Kementerian Sosial yang terjun langsung memimpin,” ucap Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama tersebut.

Terkait logistik, pihaknya juga telah mengirimkan beras ke Mentawai dan mempersilakan bupatinya mengeluarkan SK darurat agar bisa mengeluarkan cadangan beras pemerintah hingga 100 ton jika terjadi kekurangan.

Di Sumatera, kata dia, Kementerian Sosial memiliki lumbung beras yang ada di Palembang dan bisa sewaktu-waktu disalurkan ke daerah bencana.

“Kami telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait pengiriman mobil dapur umum maupun logistik,” tutur menteri kelahiran Surabaya tersebut.

Sementara itu, Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan kantor Bupati Mentawai dijadikan lokasi pengungsian sementara pascagempa di barat daya Kepulauan Mentawai.

Presiden Joko Widodo juga terus memantau dan memerintahkan BNPB Willem Rampangilei untuk turun ke lokasi bencana melakukan langkah-langkah penanganan dampak gempa yang terjadi. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs