Jumat, 19 April 2024

Kementan Bakal Intensif Gelar Rakor Pangan di Daerah

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kementerian Pertanian (Kementan) bakal intensif menggelar rapat koordinasi pangan di 11 provinsi yang menjadi sentra produksi padi.

Pending Dadih Permana Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan di Jakarta, Rabu (20/7/2016) mengungkapkan rapat koordinasi (rakor) pangan tersebut akan dilakukan bersama dengan gubernur, pangdam, danrem, dandim, Bakorluh (Badan Koordinasi Penyuluhan), Bapeluh (Balai Penyuluhan), kepala dinas lingkup pertanian provinsi dan kabupaten.

Menurut dia, Menteri Pertanian sudah memimpin rakor tersebut di Provinsi Jawa Tengah yang dilanjutkan dengan memantau ketersediaan dan harga pangan di lapangan agar tetap stabil dan dan tidak melonjak tinggi.

Pemantauan ketersediaan dan harga pangan untuk wilayah Jawa Tengah dilaksanakan di Desa Batu Kali Kecamatan Kalinyamatan, dan Desa Pending Alit, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan Panen Raya pada, Kamis (14/7/2016) di areal 800 hektare.

Pending yang juga menjadi penanggung jawab Upaya Khusus (UPSUS) Provinsi Jawa Tengah itu menjelaskan, provinsi tersebut memiliki luas areal tanam 1.039.192 hektare.

Sedangkan Kabupaten Jepara sendiri mempunyai luas lahan 990.562 hektare dengan realisasi tanam periode Oktober 2015 sampai Juli 2016 seluas 42.054 hektare. Sementara luas tanam yang sedang dipanen di desa Batu Kali Kecamatan Kalinyamatan 322 hektare. Bulog sub-divre wilayah II Pati telah menyerap gabah petani di wilayah tersebut sebanyak 154.837 ton dari target 160.000 ton.

Dalam rangka untuk peningkatan serapan gabah dan peningkatan ketersediaan pangan serta stabilitasi harga pangan, lanjut dia, Kementan telah menerjunkan 161 orang Penyuluh Pertanian PNS, swadaya dan tenaga harian lepas (THL) di wilayah Kabupaten Jepara, di samping menggandeng Babinsa dari TNI-AD.

“Hal itu juga sebagai upaya mengetahui ketersediaan pangan dan membentuk harga yang layak di tingkat petani, pedagang dan konsumen,” kata Pending. seperti dilansir Antara.

Saat ini, lanjutnya, total kekuatan penyuluh pertanian di Jawa Tengah sekitar 2.037 orang. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs