Kamis, 16 Mei 2024

Kementerian Sosial Kirimkan Mobil Dapur Umum Lapangan ke Mentawai

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial memastikan sebanyak 32 orang tim dari taruna siaga bencana (Tagana) telah diterjunkan untuk membantu korban gempa khususnya di kepulauan Mentawai Sumantera Barat.

“Tadi malam saya sudah koordinasikan, karena mentawai tagananya hanya 15 orang, padahal di Matera Barat ada 82 ribu orang, tadi pagi 32 orang sudah dikirimkan ke Mentawai,” kata Khofifah, ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Kamis (3/3/2016).

Menurut Khofifah, proses evakuasi bencana memang dikomandani oleh Badan Sar Nasional. Namun saat tanggap darurat seperti saat ini, maka Kementerian Sosial yang mengambil alih.

Selain mengirimkan personel Tagana, Kementerian Sosial juga telah mengirimkan mobil dapur umum lapangan (Dumlap) ke Mentawai.

“Kita juga telah kirimkan beras. Kalau memang kurang silakan bupatinya keluarkan SK darurat agar bisa mengeluarkan cadangan beras nasional hingga 100 ton,” kata Khofifah.

Di Sumatera, Kementerian Sosial, saat ini memiliki lumbung beras yang ada di Palembang dan bisa sewaktu-waktu disalurkan ke daerah bencana.

Sekadar diketahui, pada Rabu (2/3/2016) malam, gempa berkekuatan 7,8 SK mengguncang Samudera Hindia, tepatnya di barat daya Kepualauan Mentawai, Sumatera Barat. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs