Jumat, 10 Mei 2024

Kenalkan Sejarah Perjuangan Bangsa Lewat Museum Tugu Pahlawan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anak-anak TK Al Amin Surabaya bersama Veteran dan manajemen Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya di museum Tugu Pahlawan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November, ratusan anak-anak dari TK Al Amin Surabaya mendatangi museum Tugu Pahlawan Surabaya. Mereka diperkenalkan sejarah perjuangan bangsa melalui museum.

“Kami ingin adik-adik ini mengenal sejarah perjuangan bangsanya. Dan melalui museum perjuangan Tugu Pahlawan sekaligus menyambut peringatan Hari Pahlawan kami berbagi dan mengundang juga para veteran perang kemerdekaan Indonesia,” ujar Trety Christina HRD Manager Mecure Grand Mirama Surabaya.

Lebih dari 150 anak-anak dengan mengenakan seragam sekolah berwarna merah diajak mengelilingi museum dan melihat dari dekat sisa-sisa peninggalan para pejuang bangsa yang ketika itu berjuang mati-matian merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada diorama pidato Bung Tomo, anak-anak ini dengan tekun mendengarkan penjelasan yang disampaikan satu diantara Veteran yang hadir di acara tersebut. Mengenakan seragam warna coklat serta penutup kepala warna kuning, para Veteran diudang secara khusus.

“Kami juga ingin mengajak adik-adik ini mengenal dan tahu siapa sebenanrnya yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Dan keberadaan para Veteran anggota LVRI Jawa Timur ini sangat memudahkan adik-adik mendpaat gambaran bagaimana perjuangan dilakukan,” tambah Trety.

Usai berkeliling dan mendapatkan penjelasan terkait peninggalan sejarah perjuangan pada museum Tugu Pahlawan, anak-anak diajak mendengarkan cerita para Veteran bagaimana mereka pada zaman dulu berjuang mengusir penjajah untuk kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November yang digelar manajemen Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya tersebut kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata berupa lukisan karya siswa kepada anggota Veteran.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs