Minggu, 19 Mei 2024

Kendaraan Tempur Amfibi Karya Dislitbangal Diuji Coba

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Uji coba kendaraan tempur karya Dislitbangal. Foto: Serka Marinir Kuwadi Dispen Kormar

Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han) Komandan Pasmar-1 sambut Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut (Dislitbangal) pada uji coba kendaraan amfibi di kolam rampa Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Kamis (27/10/2016).

Kegiatan yang disaksikan langsung Sekdislitbangal Kolonel Laut (T) Aris Krisnadjaja didampingi Letkol Laut (T) Noor Fauzy R, Letkol Laut (E) Muhamad Nurul Adib tersebut untuk mengetahui kelaikan kendaraan amfibi untuk manuver di darat maupun di air.

Kendaraan amfibi tersebut merupakan proyek Dislitbangal yang dikerjakan oleh Letkol Mar Citro Subono bekerja sama dengan PT. Fiberboat.

Letkol Mar Citro Subono selaku peneliti Litbangal kendaraan amfibi mengatakan, kendaraan amfibi yang dibuat dengan spesifikasi menggunakan mesin darat Isuzu NKR 71, 5100 CC, 125 PS, 4×4, selain itu menggunakan dua buah mesin cummins mercruiser 220 HP, jenis diesel commonrail, stem drive propeller.

Keistimewaannya roda darat bisa dilipat keatas seperti pesawat saat di air, sehingga kecepatannya bisa mencapai 12 knot sedangkan di darat mampu melaju dengan kecepatan 80 km per jam.

Dimensinya, lanjutnya, panjang 10 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 3,1 meter dan mempunyai bobot 6,7 ton. Daya muat kendaraan amfibi yaitu 3 kru, 16 penumpang dan 500 kg barang.

Secara taktis, kegunaan kendaraan amfibi yaitu raid amfibi cepat dengan sasaran yang jauh di darat, mengangkut bekal untuk re supply pasukan depan, ambulance amfibi, mobil komunikasi amfibi dan mobil komando.

Kemudian secara non taktis, kendaraan amfibi bisa digunakan untuk SAR banjir, kendaraan organik KRI stand by di KRI dan untuk kendaraan pangkalan membantu fungsi pangkalan yang banyak menghadapi dua alam.

Seluruh rangkaian kegiatan di akhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Sekdislitbangal Kolonel Laut (T) Aris Krisnadjaja sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan uji coba kendaraan amfibi, dan potongan tumpeng diserahkan kepada Letkol Mar Citro Subono.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs