Senin, 6 Mei 2024

Khawatir Tertinggal, Penumpang KA Kertajaya Lebaran Ngemper di Pasar Turi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Penumpang KA Kertajaya Lebaran menunggu kereta ngemper di depan ruang tunggu Keberangkatan, Stasiun Pasar Turi, Sabtu (2/7/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Ratusan calon penumpang Kereta Api (KA) Kertajaya Lebaran jurusan Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen Jakarta menunggu kedatangan kereta di depan ruang tunggu keberangkatan KA Ekonomi.

Kereta Ekonomi yang memiliki kapasitas lebih dari 1.500 penumpang dengan rangkaian gerbong lebih panjang ini dijadwalkan tiba pukul 21.00 WIB dan berangkat ke tujuan pukul 22.00 WIB.

Para penumpang yang khawatir tertinggal kereta datang lebih dulu dan memilih menunggu di Stasiun Pasar Turi sejak pukul 19.00 WIB, ngemper di lorong depan ruang tunggu keberangkatan.

Zuhron (30) seorang pedagang asal pekalongan yang baru saja tiba di Surabaya, Jumat (1/7/2016) memilih menunggu kereta daripada tertinggal.

“Saya cuma mau menagih pelunasan batik. Ya ini kebetulan saja bersamaan dengan mudik lebaran,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (2/7/2016) petang.

Sementara Elen (29) pria yang baru bekerja dua bulan di Kawasan Perindustrian Gresik hendak pulang ke kampung halamannya di Jakarta. Dia naik kereta Kertajaya Lebaran tujuan Senen Jakarta.

“Ya khawatir telat. Tadi berangkat dari Gresik setelah maghrib. Mending nunggu aja, daripada ketinggalan kereta,” katanya yang duduk di depan Tempat Cetak Tiket Mandiri (CTM) Stasiun Pasar Turi.

Sebelumnya, Suprapto Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, lonjakan penumpang di wilayah Daop 8 memang terjadi sejak Jumat.

Data Daop 8 mencatat penumpang yang akan melakukan keberangkatan ke berbagai daerah dari Surabaya mencapai lebih dari 29 ribu penumpang.

Dia memperkirakan, lonjakan penumpang akan terus terjadi hingga sekitar H-3 Lebaran.

Sebaliknya, kata Suprapto, jumlah kedatangan penumpang dari Jakarta dan Bandung juga diperkirakan mencapai puncaknya pada Sabtu.

“Ini terlihat dari okupansi KA tujuan Jakarta-Surabaya dan Bandung-Surabaya yang sudah penuh,” ujarnya.(den/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs