Rabu, 17 April 2024

Kodam V/Brawijaya Backup Polri Amankan Tahun Baru dan Pilkada Serentak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mayjend TNI I Made Sukadana SiP, Pangdam V Brawijaya saat memimpin upacara HUT Kodam V Brawijaya ke 68 tahun. Foto: Totok suarasurabaya.net

Untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar 2017 mendatang, Kodam V/Brawijaya akan membackup Polri dengan memaksimalkan Bintara Pembinanaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas).

“Karena mereka ini ada di desa-desa dan mereka adalah yang terdepan dalam melakukan pemantauan aktivitas masyarakat. Babinkamtibmas akan kami maksimalkan. Begitu juga dengan Babinsa, dan yang setingkat. Mereka harus paham wilayah masing-masing,” kata Mayjend TNI I Made Sukadana, Pangdam V Brawijaya, usai menjadi inspektur upacara HUT Kodam V/Brawijaya ke 68 tahun, Sabtu (17/12/2016).

Pengamanan, kata Pangdam, tetap akan dilakukan berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Sementara itu, untuk pengamanan pergantian tahun baru 2016 menuju 2017 nanti, Kodam V/Brawijaya akan ikut serta melaksanakan pengamanan sesuai dengan koordinasi yang nantinya akan dilakukan bersama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur.

“Sebelum pergantian tahun, kami pasti akan melakukan pertemuan dan koordinasi dengan Polda Jawa Timur. Karena untuk pengamanan pergantian tahun domainnya kan di Kepolisian, kami akan ikut membantu melaksanakan pengamanan itu,” kata I Made Sukadana.

Ditanya wartawan, berapa kekuatan atau personil yang akan diterjunkan untuk pengamanan malam pergantian tahun, dia menegaskan bahwa TNI siap menerjunkan prajurit Kodam V Brawijaya sesuai dengan kebutuhan.

“Yang pasti kami siap mengamankan Jawa Timur. Untuk Pilkada 2017 nanti serta untuk pergantian tahun baru mendatang. Kami siap terjunkan prajurit untuk ikut mengamankan Jawa Timur,” kata I Made Sukadana.(tok/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs