Senin, 6 Mei 2024
Menyambut Kapolrestabes Surabaya yang Baru

Kombes Pol Iqbal Fokus Berantas Kejahatan Jalanan dan Terorisme

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kombes Pol Muhammad Iqbal ketika mengikuti upacara Pedang Pora di Polrestabes Surabaya, Selasa (6/12/2016). M Iqbal resmi menjadi Kapolrestabes Surabaya. Foto: Istimewa

Kombes Polisi Muhammad Iqbal telah resmi menjabat Kepala Polrestabes (Kapolrestabes) Surabaya dalam proses serah terima jabatan (sertijab) di Polda Jatim, Selasa (6/12/2016).

Iqbal yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Dalops Sops Polri secara resmi menggantikan Kombes Pol Iman Sumantri yang kini menjabat sebagai Penyidik Utama Tingkat I Rowassidik Bareskrim Polri.

Setelah Sertijab, Iqbal disambut barisan Pedang Pora di Markas Polrestabes, Jalan Sikatan Nomor 1, Surabaya. Iqbal yang mengenakan syal Persebaya terus berjalan di antara barisan, mulai dari gerbang masuk ke bangunan utama.

Selama berjalan dalam barisan pedang pora, para perwira Polrestabes Surabaya menyambut kedatangan Iqbal. Sampai di depan pintu masuk bangunan utama, Kombespol Iman Sumantri Kapolrestabes sebelumnya sudah menunggu.

Menempati posisi barunya, Iqbal mengaku akan meneruskan misi Kapolestabes sebelumnya untuk memberantas kejahatan jalanan dan terorisme. Menurutnya, kejahatan jalanan selalu muncul di semua kota besar yang ada di Indonesia.

“Ini meneruskan apa yang sudah dilakukan Pak Iman,” kata Iqbal.

Soal terorisme, hal pertama yang akan Iqbal lakukan adalah memperketat pengamanan hingga ke sudut Kota Surabaya, terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru pada Desember 2016 ini.

“Sebenarnya antisipasi seperti ini tidak hanya saat Natal dan Tahun Baru saja. Setiap saat. Karena berdasarkan informasi intelijen, ancaman terorisme itu berpotensi datang setiap saat,” ujar Iqbal.

Iqbal meminta partisipasi masyarakat Surabaya untuk mengamankan lingkungannya. “Semua elemen masyarakat harus terlibat, karena ini untuk kepentingan bersama,” katanya.

Sekadar diketahui, Iqbal pernah menjabat Kasatlantas Polwiltabes (Polrestabes, red) Surabaya pada 2007 silam. Dia juga pernah menjabat sebagai Kapolres Gresik dan Sidoarjo. Pada 2010 lalu, Iqbal kembali ke Surabaya sebagai Wakapolrestabes Surabaya.

Itu adalah tahun terakhir Iqbal berada di Jawa Timur, karena setelah itu karir Iqbal di seputar Ibu Kota Negara. Tahun 2011, Iqbal menjabat sebagai Kepala Sekolah Polisi Nasional (SPN) Polda Metro Jaya.

Setahun setelahnya, Iqbal menjabat sebagai Kapolres DKI Jakarta. Jabatan itu dia emban selama tiga tahun hingga ia turut gerbong mutasi menjadi Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Dari posisi itu, Iqbal berpindah lagi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dalops Sops Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Akhir tahun 2016 ini dia kembali ke Surabaya, melanjutkan karir sebagai Kapolrestabes Kota Pahlawan.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs