Sabtu, 4 Mei 2024

Koordinator Lapangan Tuding Ada Provokator

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Aksi pada Jumat (4/11/2016), massa berusaha mendekati Istana Kepresidenan, namun tertahan barikade kawat berduri dan aparat Kepolisian. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Munarman Panglima Front Pembela Islam dan koordinator lapangan aksi damai menuding ada provokator dalam unjuk rasa 4 November 2016.

“Kita sebenarnya sudah sepakat untuk tidak melakukan tindakan anarkis. Kenyataannya ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan membuat onar. Mereka sengaja merusak aksi damai yang digelar hari ini,” katanya saat dihubungi suarasurabaya.net, Jumat (4/11/2016) malam.

Dia juga mendesak aparat kepolisian untuk menindak tegas siapapun yang bertindak anarkis.

Sementara, Wiranto Menkopolhukan sedang bertemu Joko Widodo Presiden yang tetap berada di Jakarta.

Sebelumnya, Wiranto dan beberapa topkoh agama yang tidak setuju dengan aksi ini telah mengkhawatirkan terjadinya aksi anarkis.

Pengunjuk rasa masih bertahan hingga lebih dari dua jam sejak batas toleransi pukul 18.00 WIB. Atas nama hukum, polisi memberikan tembakan peringatan gas air mata agar para pengunjuk rasa segera membubarkan diri.

Namun aksi ini dibalas dengan beberapa tindakan kekerasan yang dilakukan sebagian kecil pengunjuk rasa dengan melempar batu dan benda keras ke polisi. Hal ini mengakibatkan ada beberapa korban terluka. Mereka juga membakar kendaraan bermotor dan sampah sehingga api membubung tinggi.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs