Senin, 17 Juni 2024

Korban Penipuan Dimas Kanjeng Meluas Hingga ke Makassar, Medan dan Papua

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Barang bukti kasus penipuan dengan tersangka Dimas Kanjeng Taat Pribadi ketika digelar di Mapolda Jatim, Jumat (30/9/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Akbar Faisal Anggota DPR RI Komisi III mengatakan, korban penipuan Dimas Kanjeng Taat Pribadi tidak hanya di Jawa Timur, tapi meluas hingga ke Papua.

“Kasus ini sangat menyita perhatian. Korbannya bukan hanya dari Jatim, tapi sampai Makassar, Medan dan Papua. Komisi III akan memperhatikan ini,” ujarnya di Mapolda Jatim, Jumat (30/9/2016).

Akbar mengatakan, telah menerima aduan puluhan orang di Sulawesi Selatan yang jadi korban penipuan Dimas Kanjeng, termasuk keluarga Najmiah yang Rp200 miliar.

“Korban dari Sulawesi Selatan masih banyak. Ada yang nyetor Rp5 juta sampai Rp10 juta. Ini Rp200 miliar yang saya bawa ke Polda Jatim ini yang terbesar,” ujarnya.

Akbar mengatakan, besok Sabtu (1/10/2016) Komisi III DPR RI secara resmi akan melakukan sidak di Padepokan Dimas Kanjeng di Kecamatan Gading, Probolinggo.

“Kami akan melakukan pendalaman di lapangan. Kasus ini harus dituntaskan,” katanya.

Saat mendampingi salah satu korban penipuan ini, Akbar berharap ada upaya hukum agar uang para korban bisa kembali.

“Kami tadi bisik-bisik ke penyidik, bagaimana uang korban Rp200 miliar ini bisa kembali. Nanti bagaimana prosesnya akan dibicarakan dalam koridor hukum,” katanya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs