Jumat, 17 Mei 2024

Kronologi Penutupan Tol Dupak Oleh Buruh

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Panggung orasi buruh kembali disiapkan. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Rombongan buruh sempat menutup Tol Dupak selama dua menit pada Minggu (1/5/2016). Akibatnya, sempat terjadi kepadatan di jalur menuju Tol Dupak.

Merasa kecewa, secara spontan sekitar 10 ribu buruh langsung berjalan kaki menuju Tol Dupak, melihat kegiatan panggung orasi mereka dihentikan dan kru panggung menurunkan alat-alat soundsystem.

Ketika dikonfirmasi e100, AKBP Eryek Kusumayadi Kabag Ops Polrestabes Surabaya mengatakan, pihaknya hanya mengimbau kegiatan di panggung orasi buruh di Jalan Indrapura agar tidak dilanjutkan karena tidak memiliki izin.

Menurutnya, panggung resmi hanya ada di Jalan Pahlawan, bukan di Jalan Indrapura.

Imbauan tersebut, kata Eryek, baru disampaikan pada siang hari karena panggung tersebut dibangun saat subuh.

Sementara, Agus Supriyanto Korlap Aksi Mayday mengatakan, surat pemberitahuan kegiatan sudah diinformasikan kepada Polda Jatim dengan tembusan ke Polrestabes Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto pada Kamis (28/4/2016).

“Surat tanda terima dari Polda juga sudah diterima perwakilan buruh,” katanya.

Dalam surat tersebut sudah tercantum kelengkapan demo, diantaranya dua panggung yakni panggung utama di Jalan Pahlawan dan panggung orasi di Jalan Indrapura.

Sebelumnya, berdasarkan laporan Reporter Suara Surabaya, sekitar 20 menit buruh bergerak ke Tol Dupak, buruh kembali ke Jalan Indrapura.

“Kapolrestabes telah berjanji, panggung Indrapura bisa digunakan kembali, namun rombongan buruh yang bergerak dari arah Gresik dan Mojokerto sudah terlanjur masuk ke arah Tol Dupak sehingga menutupan Tol Dupak tidak bisa dihindari,” katanya.

Menurut Agus Supriyanto Korlap Aksi Mayday, Kapolrestabes Surabaya mengintesifkan koordinasi dengan perwakilan buruh untuk menarik mundur buruh yang sudah long march ke Tol Dupak dan sebagian buruh membawa kendaraan, sudah berada di tol.

Agus menyayangkan Komitmen Gubernur Jatim dan Kapolda Jatim yang bagus, namun di lapangan terjadi selisih paham dari anggota kepolisian.

Pukul 11.45 WIB, jalur tol sudah kembali normal.

Buruh menegaskan mereka akan menyampaikan aspirasi dengan baik, dan akan bubar pada pukul 18.00 WIB sesuai aturan demo penyampaian pendapat.

Pukul 11.45 WIB, jalur tol sudah kembali normal.(rst/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs