Jumat, 24 Mei 2024

Kuliner Indonesia Warnai Welcoming Dinner KTT LB OKI

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI bersama beberapa kepala negara/pemerintahan. Foto: Jose suarasurabaya.net

Menu dari berbagai daerah disajikan pada Welcoming Dinner untuk menyambut delegai KTT LB OKI ke-5 di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (6/3/2016).

Sajian beraneka ragam makanan dan budaya merupakan janji presiden bahwa dirinya akan menjadi tuan rumah yang baik.

“Malam ini saya ingin menjadi tuan rumah yang baik, selamat menikmati makan malam dan beragam budaya Indonesia,” kata presiden kepada delegasi dan undangan.

Usai sambutan presiden, para ketua delegasi setingkat kepala negara/pemerintahan diajak menikmati hidangan salad campur, kepiting soka goreng tepung saus jeruk khas Sumatera Barat dan sup daging sapi dengan rempah dan bawang goreng yang menjadi makanan khas Aceh.

Menu utama yang dihidangkan adalah nasi putih dengan udang bumbu ragam rempah, daun jeruk dan daun kari, ikan panggang bumbu kuning, cumi panggang dengna madu, tumis sayur daun dewa dengan bawang putih dan acar sayur, makanan utama ini merupakan khas Sumatera Utara.

Sementara delegasi lainnya disajikan paprika panggang, salad campur dengan ayam gulung bumbu kuning khas Sumatera Barat dan sup ikan asam pedas dengan belimbing wuluh asal Aceh menjadi pembuka makanan para kepala negara/pemerintahan. Menyusul nasi briyani yang disajikan dengan daging domba saos kari dengan yoghurt, ikan barramundi panggang bumbu kecap, dan terong panggang balado serta acar sayur yang merupakan makanan khas Sumatera Utara.

Semua peserta Welcoming Dinner disuguhi pula sate maranggi khas Jawa Barat dan sate ayam yang menjadi makanan khas Madura. Penutupnya para delegasi dihidangkan bubur kampiun dan dadar gulung.

Para delegasi dan undanga juga mendapatkan cinderamata khas Indonesia berupa kotak kartu nama motif batik Kuwung karya Kriya Nusantara serta blocknote motif tenun Palembang ditambah sapu tangan motif sulam Bajaik Padang karya Heni Adly.

Saat para delegas menikmati sajian santap malam, diiringi alunan musik dari Twilite Orchestra pimpinan Addie MS Selain itu, beragam tarian disajikan di atas pentas, yakni Tari Samon Gayo Lues dari Aceh dan Tari Zapin Seri Buantan dari Riau.

Tidak hanya budaya dan kuliner asli Indonesia yang disajikan, tapi hiasan di luar Assembly Hall merupakan asli Indonesia, seperti bunga, buah-buahan dan sayur-sayuran khas Indonesia.(jos/iss/

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
29o
Kurs