Selasa, 14 Mei 2024

Latih Empati Anak-anak Lewat Animal Day

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anak-anak mencoba menyentuh Ular di Animal Day. Foto: Totok suarasurabaya.net

Membangkitkan dan melatih empati pada anak-anak butuh ketelatenan dan kesabaran. Kata psikolog melalui pengenalan pada satwa, lalu memeliharanya dapat melatih tumbuhnya empati. Ini dilakukan oleh siswa KB TK Stepping Stones menggelar Animal Day, Jumat (22/1/2016).

Beberapa satwa, di antaranya Musang, sejumlah Reptil, mulai dari Ular Phyton, Iguana dihadirkan di sekolah bersama-sama para pecinta satwa dari beberapa komunitas di Kota Surabaya.

Meski awalnya takut, anak-anak usia rata-rata 4 tahun dan 5 tahun itu akhirnya memberanikan diri menyentuh satwa-satwa tersebut.

Tanpa ragu-ragu anak-anak mengelus dan memegang satwa-satwa itu. Satu per satu mereka memberanikan diri memegang, bahkan di antara anak-anak itu ada yang mencoba menggendong Musang.

“Untuk memberikan pengalaman yang berbeda kepada anak-anak sekaligus mereka juga kami minta membawa satwa peliharaan kalau mereka punya di rumah. Ini pengalaman yang tidak mereka alami setiap hari,” kata Margareta Desi Restuti Kepala KBTK Stepping Stones, Jumat (22/1/2016).

Usai melihat, menyentuh dan menggendong satwa-satwa, anak-anak KBTK Stepping Stones Surabaya diberi kesempatan berfoto dengan satwa-satwa yang mereka pilih.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
26o
Kurs