Minggu, 16 Juni 2024

Libur Panjang, Sopir Bus Jalani Tes Kesehatan Mendadak

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Sopir bus di Terminal Purabaya Surabaya saat menjalani tes kesehatan yang dilakukan Dinkes Pemprov Jatim. Foto : Bruriy suarasurabaya.net

Awak angkutan atau sopir dan kernet bus di Terminal Purabaya Surabaya, menjalani tes kesehatan secara mendadak, Kamis (24/3/2016).

Tes kesehatan tersebut dilakukan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bekerjasama dengan Ditlantas Polda Jatim dan Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Kompol Agus Setiawan Kasi Sarana Angkutan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim mengatakan, tes kesehatan yang bekerjasama dengan Dinkes Kesebatan Pemprov Jayim itu dilakukan dalam rangka libur panjang, dari Jumat hingga Minggu.

Tujuannya, untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas dan memberikan pelayanan kenyamanan pada penumpang.

“Tes kesehatan ini juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan,” kata Kompol Agus Setiawan, Kamis (24/3/2016).

Menurut dia, tes itu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan pengemudi bus. Ini sangat penting, karena jangan sampai saat mengemudi bus dengan membawa penumpang, ternyata kondisinya sangat tidak memungkinkan. Sehingga menyebabkan terjadi kecelakaan.

“Tes kesehatan untuk sopir bus ini akan dilakukan secara berkala. Tapi, mendadak,” ujarnya.

Selain itu, kata Agus, Ditlantas Polda Jatim juga sudah menginstruksikan ke semua jajaran agar ikut serta melakukan penindakan terhadap pengemudi bus.

“Yang menjadi prioritas ini adalah penindakan pada angkutan bus. Karena banyak bus yang memang mengemudi secara ugal-ugalan. Jika memang ada harus ditindak tegas, dan nanti akan dikoordinasikan dengan Dishub Jawa Timur,” ujar dia. (bry/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
28o
Kurs