Sabtu, 4 Mei 2024

Lima Ribuan Anggota Ormas Islam Demo Tuntut Ahok Dipenjara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Habib Rizieq (pegang mic) dan sejumlah pimpinan ormas Islam memberikan arahan sebelum mulai aksi unjuk rasa, Jumat (14/10/2016). Foto: Farid suarasurabaya.net

Sejumlah ormas Islam siang hari ini mulai melakukan aksi unjuk rasa, menuntut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Gubernur DKI Jakarta, dipenjara karena dinilai menghina Al Quran dan Ulama, saat berpidato Kepulauan Seribu, akhir bulan lalu.

Usai sholat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal, lima ribuan anggota ormas antara lain Front Pembela Islam, Forum Betawi Rempug, Forkabi, berkumpul di halaman parkir masjid yang tepat di seberang Katedral.

Rencananya, unjuk rasa dimulai berjalan kaki ke kantor Bareskrim di daerah Gambir, kemudian menuju Balai Kota Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sebelum mulai aksi, Muhammad Rizieq Shihab (Habib Rizieq) Ketua FPI, memberikan arahan kepada seluruh peserta aksi dan membacakan Petisi Bela Islam.

“Kami meminta aparat penegak hukum memproses hukum Ahok karena melakukan penodaan Agama Islam,” serunya di halaman parkir Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Habib Rizieq menegaskan, aksi ini tidak ada kaitannya dengan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Aparat keamanan dari unsur polisi, TNI dan Polisi Pamong Praja sudah bersiap mengawal jalannya aksi unjuk rasa. Begitu juga dengan tim medis dari Palang Merah Indonesia dan Mer-C. (rid/dwi/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs