Minggu, 5 Mei 2024

Lomba Tour Planning Jembatani Pelaku Bisnis Pariwisata

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Peserta lomba tour planning gelaran APTI Jawa Timu dan Disbudpar Jawa Timur. Foto: Totok suarasurabaya.net

Lomba tour planning yang digelar APTI Jawa Timur, Kamis (6/10/2016) menjadi jembatan penghubung antara pelaku bisnis pariwisata dengan pemerintah sekaligus dengan calon konsumennya.

Lomba tour planning yang diikuti sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) se Jawa Timur, Kamis (6/10/2016) di Graha Wisata Dinas Pariwisata Jawa Timur, menjadi satu diantara jembatan penghubung yang dapat menautkan pelaku bisnis travel wisata, pemerintah dan calon konsumen pariwisata.

“Kegiatan ini sangat menarik. Lomba ini menjadi jembatan yang dapat menghubungkan antara pelaku bisnis pariwisata, pemerintah dan calon konsumen pariwisata. Karena pariwisata di Jawa Timur ini satu diantara bisnis yang cukup prospektif,” kata Handoyo Kepala Bidang Produksi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.

Handoyo menambahkan bahwa lomba yang dikhususkan bagi pelajar di sejumlah SMK di Jawa Timur ini seharusnya memang digelar setiap tahun dan diikuti oleh sekolah-sekolah yang memiliki jurusan perhotelan, atau pariwisata.

Karena dari lomba ini, lanjut Handoyo, akan dihasilkan para tour planner yang nantinya sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis pariwisata sebagai satu diantara bagian yang sangat penting pada pengelolaan bisnis pariwisata itu sendiri.

“Sosok tour planner sangat penting bagi bisnis pariwisata. Karena ditangan mereka bisnis pariwisata menjadi berbeda dan bukan sekedar biro pariwisata yang hanya menjual tiket dan kamar hotel. Oleh karena itu lomba ini luar biasa,” tambah Handoyo.

Sementara itu, menurut Jhonny Koraag Ketua Umum Asosiasi Tour Planner Indonesia (ATPI) Jawa Timur, lomba tour planning kali ini memang diharapkan nantinya akan terus berlanjut, sebagai satu diantara upaya memenuhi kebutuhan tour planner bagi pelaku bisnis pariwisata.

“Kebutuhan tour planner bagi bisnis pariwisata bukan rahasia lagi. Tour planner menjadi ujung tombak yang penting bagi bisnis pariwisata. Pemerintah membutuhkan keberadaan mereka agar mampu menjual paket-paket wisata yang terbaik dinegeri ini. Dan konsumen diuntungkan dengan tour planner yang handal,” kata Jhonny saat berbincang dengan suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs